Pentingnya Memilih Sahabat dalam Islam

Multaqo - Ada sebuah pesan dari Alqomah kepada anaknya tentang pentingnya memilih sahabat. Kira-kira seperti ini, 

إن أخاك الحق من كان معك 

ومن يضر نفسه لينفعك

ومن إذا ريب الزمان صدعك

شنت فيه شمله لوجهك

Saudara yang sesungguhnya adalah ia yang selalu bersamamu, ia juga tidak hanya memanfaatkanmu, dan seseorang yang memiliki potensi membahayakanmu adalah ia yang pandai berganti wajah di depanmu. 

Hal ini menjadi salah satu konsep atas pentingnya memilih sahabat. Setiap orang seharusnya menjadi seperti ruang yang luas, yang mampu menampung apapun. 

Artinya, tidak pandang bulu dalam memandang manusia dengan berbagai latar belakang atau corak berpikir yang beragam. Oleh karena itu, dengan menjadi manusia ruang, kita bisa memahami setiap orang. 

Pentingnya memilih sahabat setidaknya berlandaskan pada alasan untuk saling menjaga satu dengan lainnya. Saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Hal ini berdasar pada Khairunnas anfauhum linnas. 

Orang yang baik, yang bijak, adalah ia yang saling membantu dan memahami kondisi orang lain. Oleh sebab itu, sangat penting memilih sahabat. Di katakan bahwa sahabat adalah yang selalu ada dalam kondisi apapun, tidak hanya dalam kondisi senang saja, namun hilang ketika sedang kesusahan. 

Dan perlu digaris bawahi bahwa sahabat di sini memiliki makna yang luas. Jika merujuk pada apa yang dikatakan Abu Sulaiman Addaraini, bahwa jangan berteman kecuali dengan dua orang: 

Pertama, ia yang memberi semangat agar selalu survive dalam kondisi apapun. Kedua, adalah ia yang mampu menambah keimananmu kepada Tuhan, serta mengajak kepada kepentingan Akhirat. 

Artinya apa? Seorang sahabat di samping memiliki kriteria personalitas, juga memiliki kriteria spiritualitas, yaitu keyakinan akan selalu bergerak dalam kondisi apapun dan bergerak untuk menyadari bahwa ada kepentingan Akhirat yang menjadi titik balik kita sebagai manusia. 

Dikatakan dalam lanjutan pesan Abu Sulaiman, bahwa ketika anda sibuk dengan selain dua kriteria sahabat di atas, maka anda adalah bagian dari orang yang hamqun, atau kumprung, rugi yang benar-benar rugi. 

Multaqo.com


Oleh karena itu, pentingnya memilih sahabat setidaknya adalah sebagai motivasi bahwa setiap manusia diilhami semangat untuk selalu bergerak dan memiliki kepekaan terhadap dirinya dan lingkungannya. 

Memahami prioritas kehidupannya dan memahami kondisi lingkungan terdekatnya. Itulah alasan dasar mengapa penting sekali memilih sahabat. 

Karena seorang sahabat adalah ia yang selalu ada dalam kondisi apapun.[]

0 Response to "Pentingnya Memilih Sahabat dalam Islam"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar dan masukan panjenengan semua, semoga ilmu dan masukan dari panjenengan bermanfaat untuk kita semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel