Dua Pertanyaan Sebelum Tidur, Upaya Membangun Diri

Multaqo - Setidaknya ada dua pertanyaan wajib sebelum kita tertidur pulas. Pertama, kelemahan kita yang seperti apa yang sudah dikalahkan hari ini? Kedua, kebaikan apa yang sudah dikerjakan hari ini?

Dua pertanyaan di atas adalah sebentuk latihan kita agar selalu mengingat dan lebih dalam lagi mengenal diri kita. Mengingat bahwa kita memiliki kelemahan, dan mengenali potensi kita untuk kebaikan.

Pada dasarnya Hassibu qabla an tuhasabu,menjadi titik balik dari dua pertanyaan di atas. Introspeksi diri adalah poin utama pembahasan kali ini. Di mana setiap dari kita perlu melatih diri untuk selalu instrospeksi diri. 

Multaqo.com


Bermuhasabah, menarik ego, dan memendam diri kita. Hal ini menjadi sangat penting dalam membangun diri menjadi lebih baik. 

Sebagian orang mungkin akan mengambil sikap introspeksi diri ketika sedang menghadapi problen sosial yang berat. Tetapi dua pertanyaan sebelum tidur di atas, setidaknya menjadi jagan-jagan agar kita lebih siap menghadapi dan menjalani proses kehidupan. 

Sebuah pernyataan mendasar dari Kyai Usman Mojosari bahwa, “Menjaga diri itu penting, dan yang lebih penting lagi adalah mengoreksi diri sendiri.”

Karena tidak jarang di antara kita sering luput dan lupa, sehingga merasa paling benar sendiri, paling bisa sendiri, paling kaya sendiri, bahkan merasa paling susah sendiri. 

Mengapa tidak kita kontrol saja ego itu dengan bermuhasabah? Yang mana akan memberikan terapi terhadap diri kita agar lebih hati-hati, sehingga kehati-hatian itu berujung pada kebaikan bagi sesama. 

Oleh sebab itu, dua pertanyaan sebelum tidur di atas, yang juga pernah dibahas dalam kajian di Masjid Jendral Sudirman oleh Kyai Fachruddin Faiz, agaknya menjadi satu dimensi pengembangan personal untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin, baik secara horizontal maupun vertikal.[]


0 Response to "Dua Pertanyaan Sebelum Tidur, Upaya Membangun Diri"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar dan masukan panjenengan semua, semoga ilmu dan masukan dari panjenengan bermanfaat untuk kita semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel