Motivasi Manusia; Stimulus Beragama

 

Motivasi adalah sarana penting bagi setiap manusia untuk menuju puncak kearifannya. Hal ini bisa dari dalam diri ataupun dari luar diri. Tentu perlu adanya rangsangan untuk memunculkan motivasi tersebut.

Kehidupan adalah segudang motivasi-motivasi dan tentu dibarengi dengan pelemahan-pelemahan. Salah satu contoh adalah akan diangkat derajatnya seseorang yang memiliki pengetahuan. Tentu derajat itu bukan hanya derajat dunia, dihormati, memiliki jabatan dan lain sebagainya. Pun derajat akhirat.

Motivasi dari dalam artinya secara sadar manusia memiliki kemauan yang tinggi atas sebuah keberlangsungan. Artinya bukan hanya menjalani prosesnya melainkan mengilhami dan melahirkan inovasi-inovasi dalam prosesnya.

Tidak mungkin manusia tidak mengalami jatuh bangun dalam hidupnya. Karena kepastian sudah menjadi keputusan yang berada di luar diri manusia. Artinya posisi di atas ataupun di bawah adalah proses perjalanan manusia. Hari ini, selagi nafas masih tersemat di dalam diri maka pasti akan mengalami proses jatuh bangun.

Manusia tentu memiliki kecerdasan, potensi dan kelebihan. Tetapi pasti memiliki kekurangan. Hal ini di samping fitrah pun sebagai kewajiban perjalanan manusia itu sendiri. Artinya setiap manusia berhak memilih dan menjalani hidupnya, tanpa melupakan bahwa ada yang paling berhak untuk menuntun dan memutuskan arah hidupnya.

Artinya manusia masih diberi kebebasan untuk menentukan bagaimana hidupanya, memotivasi dirinya. Tetapi segala penentu atas apa yang manusia jalani tetap berada di dalam kuasaNya.

Motivasi dapat dipahami sebagai ide, atau pengetahuan dari luar ataupun dalam diri. Artinya kebijakan Tuhan menunjukkan setiap hal yang menjadi stimulus bagi manusia untuk bangkit dari keterpurukan ataupun sebaliknya.

Emosi kecerdasan dan spiritual kecerdasan manusia tentu anugerah dari Tuhan. Tidak hanya untuk diketahui pun diilhami, melainkan disadari dan dipahami sedalam-dalamnya. Sehingga pelajaran yang dapat diambil adalah mengambil pelajaran itu sendiri.

Semoga apapun yang anda temui menjadi motivasi bagi anda untuk menuju keberlangsungan dan kebahagiaan anda.[]


0 Response to "Motivasi Manusia; Stimulus Beragama"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar dan masukan panjenengan semua, semoga ilmu dan masukan dari panjenengan bermanfaat untuk kita semua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel