Ringkaskan Kitab Riyadhus Shalihin

Kitab Riyadhus Shalihin mengandung banyak sekali ilmu tentang pendidikan akhlak dan cara hidup Ala Rasulullah Saw, kitab ini sangat di gemari di pesantren, karena di dalamnya menjelaskan beberapa hadist tentang kehidupan manusia. oleh karena alasan ini di beberapa pesantren selalu mengkaji kitab ini, Nah secuil  ulasan ringkas mengenai kitab tersebut yang bisa anda pahami.

Kitab raiyadhus shalihin merupakan karya dari Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-nawawy ad-Dimasyqy. Beliau dikenal sebagai sosok yang zuhud, bertaqwa, sederhana dan berwibawa. jadi wajar jika kitab ini selalu di kaji di pesantren dan cocok dengan kondisi dan situasi saat ini, agar hidup selalu penuh berkah.

Beliau sering sekali menghabiskan banyak waktunya untuk melakukan kegiatan ibadah dan menulis. Bahkan, pada malam harinya sering dihabiskan untuk melakukan hal tersebut.

Diantara banyak karya dari beliau, salah satu yang terkenal yaitu kitab riyadhus shalilin. Pada kitab ini, memiliki isi kandungan berupa bimbingan dalam menata dan menumbuhan jiwa serta melahirkan kekuatan besar untuk berhias melakukan ibadah yang bertujuan diciptakannya jiwa tersebut agar mengantarkan pada kebaikan.

Kitab ini termasuk dalam kitab tarbiyah yang baik untuk menyentuh berbagai aspek sosial kehidupan. Baik secara individual, atau sosial masalahan dengan cara pemaparan yang begitu mudah. Jelas dan singkat namun sangat mudah untuk dipahami oleh orang yang awam.

Kitab ini memiliki keistimewaan dibandingkan kitab yang lainnya. Karena, dalam kitab ini berbentuk nasehat atau bisa di anggap permata bagi yang bisa menerima nasihat. Pelita, bagi mereka yang bisa mengambil petunjuk dari kitab ini.

Tidak heran, kitab ini mendapatkan kedudukan yang tinggi di kalangan ulama Banyak dari mereka yang memberikan komentar, syarah dan mengajarkannya di halaqoh mereka.

Baca Juga:


Kitab ini termasuk yang paling banyak tersebar di kalangan umat muslim dunia. Khususnya, di nusantara sendiri sudah sangat banyak yang membaca kitab ini. Bahkan, hampi di setiap pondok pesantren biasanya terdapat pembelajaran kitab ini. Bagi orang masih awam sekalipun akan mudah untuk memahami makna yang ada didalamnya.

Kitab ini terdiri dari 17 kitab, 265 bab serta 1897 hadits. Beliau membuka pada setiap babnya dengan menyebut ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan pembahasan hadits ang ada.

Lalu, membuat tertib dan bab yang saling berhubungan hingga kitab ini bisa lebih baik dari lainnya. Untuk anda yang ingin membaca kitabnya bisa mendownload dibawah ini.



Kitab riyadhus sangat cocok untuk dibaca agar mendapatkan ilmu islami lebih banyak. Dengan mendownloadnya, maka anda bisa membaca kapanpun dan dimanapun.

Demikianlah artikel singkat tentang Ringkasan Kitab Riyadus Sholihin semoga bermanfaat.

0 Response to "Ringkaskan Kitab Riyadhus Shalihin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel