Khutbah Jumat Tentang Musibah: Ada Hikmah Di Balik Setiap Musibah

Khutbah Jumat Tentang Musibah

Khutbah jumat tentang musibah dapat disampaikan sebagai renungan kepada para jamaah. Khatib bisa menyampaikan materi ini dengan tepat dan jelas kepada jamaah jumat.

Khutbah jumat tentang musibah sangat perlu untuk bisa disampaikan. Dalam khutbah tersebut, materinya menjelaskan mengenai sebab dan akibat dari setiap musibah yang datang kepada manusia.
Ada Hikmah Di Balik Setiap Musibah

Jamaah jumat rahimakumullah..

Musibah datang tanpa kita sadari, kapanpun dan dimanapun musibah tersebut bisa saja datang. seperti Gempa bumi, letusan gunung merapi, longsor, banjir dan semua hal buruk lainnya, tentu ada sebabnya.

Banyak dari kita yang selalu mengabaikan perintah dari Allah dan justru tidak memahami akibatnya.

Sebabnya, bertaqwalah kepada Allah setiap saat. Jangan pernah mengabaikan perintah yang telah Allah berikan kepada kita.

Berusaha untuk selalu meminta ampunan kepada Allah terhadap setiap kesalahan yang kita lakukan. Meskipun kita yang melakukan kesalahan, bisa saja semuanya yang terkena akibatnya.

Allah SWT berfirman:

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Sudah jelas, jika seharusnya setiap manusia berusaha untuk bisa berdoa kepada Allah meminta ampunan.

Musibah yang datang tidak begitu saja. Melainkan, karena adanya kesalahan yang telah kita perbuat bersama-sama. Disinilah, pentingnya untuk bisa saling memberikan nasehat kepada seluruh umat muslim.

Rasulullah SAW dalam haditsnya bersabda:


Di dalam setiap cobaan yang diberikan, selalu ada hikmah didalamnya. Seperti, bisa saling membantu satu sama lainnya dalam menyelesaikan musibah tersebut. Baik dalam bentuk moral ataupun non moral tentu sangat membantu.

Baca Juga:



Tidakkah kita sebaiknya melakukan hal ini dalam aktivitas sehari-hari. Tujuannya tentu jelas agar bisa saling membantu dan menciptakan kedamaian dalam berkehidupan. Serta, bisa menjauhi larangan-Nya agar terhindar dari berbagai macam musibah.

Allah SWT berfirman:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Jika sudah demikian, hendaknya berhenti untuk melakukan dosa. Mulailah dengan bertobat dan mencari hikmah dari setiap musibah yang datang. Jangan pernah menunggu musibah tersebut datang kembali. Namun, justru bisa mengambil hikmah dalam setiap musibah yang terjadi.

Sikap saling menolong harus bisa lebih diperhatikan, dan yang lainnya. Sekarang, marilah kita bersama-sama mengoreksi diri untuk bisa menjadi lebih baik. Jangan tunggu nanti, tapi mulai dari sekarang juga!

Khutbah jumat tentang musibah sangat bisa untuk diambil hikmah didalamnya. Jangan menunggu nanti untuk mulai bertobat dan mulai persiapkan diri untuk hidup yang lebih baik!

0 Response to "Khutbah Jumat Tentang Musibah: Ada Hikmah Di Balik Setiap Musibah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel