Apa Itu Nisfu Sa'ban? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Nisfu Sya'ban merupakan salah satu bulan di tengah bulan Rajab dan bulan Ramadlan, di bulan nisfu sya'ban inilah ulama salaf memberi pengertian bahwa di bulan ini para Malaikat sedang menentukan ajal (usia), jodoh, rejeki seseorang sampai  bulan nisfu sya'ban yang akan datang.


Oleh karena itu pada malam Nisfu Sya'ban umat islam di anjurkan membaca surat yasin 3 kali, pembacaan yasin  yang pertama berdoa minta panjang umur dan berkah, yasin ke 2 meminta lapang rejeki, pembacaan yasin yang ke 3 berdoa semisal tahun ini menemui ajal untuk meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, serta dalam keadaan membaca kalimat la ilaha illallah.

Baca Juga: Amalan Dan Hikmah Nisfu Sya'ban

Bulan Nisfu Sya'ban merupakan salah satu bulan yang di istimewakan, kenapa di istimewakan ? karena pada bulan ini amalan manusia selama 1 tahun akan di angkat  kepada Allah Swt, sepetti penjelasan hadits  yang di sampaikan oleh Imam an Nasa'i.

Di Ceritakan bahwa Usamah bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, "Aku tidak pernah mendapati engkau berpuasa lebih banyak dari pada bulan Sya'ban ini, Nabi menjawab, umatku sedikit sekali memperhatikan bulan, di tengah bulan rajab dan Ramadlan (Bulan Nisfu Syaban), bulan nisfu sya'ban di mana amalan akan di haturkan kepada Allah Swt dan aku suka puasa dengan harapan saat amalanku di angkat aku sedang berpuasa".

Amalan Di Malam  Nisfu Sya'ban

Siang hari pada bulan Nisfu Sya'ban di anjurkan melakukan puasa sunnah nisfu sya'ban seperti yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw dalam hadist beliau.

"Aku tidak pernah mendapati engkau berpuasa lebih banyak dari pada bulan Sya'ban ini, Nabi menjawab, umatku sedikit sekali memperhatikan bulan, di tengah bulan rajab dan Ramadlan (Bulan Nisfu Syaban), bulan nisfu sya'ban di mana amalan akan di haturkan kepada Allah Swt dan aku suka puasa dengan harapan saat amalanku di angkat aku sedang berpuasa".

Malam Nisfu Sya'ban umat islam khususnya Negara Indonesia melakukan pembacaan surat yasin 3 kali, dengan harapan yasin yang di baca serta doa yang di panjatkan, di lembaran baru untuk 1 tahun kedepan selalu di permudah segala urusan.

Baca Juga:
  1. Ringkaskan Kitab Riyadhus Shalihin
  2. Khutbah Jumat Tentang Pemimpin
Amalan DiBulan Nisfu Sya'ban yang lain adalah sholat sunnah seperti yang telah di jelaskan oleh  30 sahabat Nabi , "Barang siapa di antara kalian melakuakn sholat sunnah di malam ini, maka Allah akan memberikan rahmat dan kasih sayangnya sebanyak 70 kali, dan setiap 1 kali rahmad dan kasih sayangnya, akan mengabulkan setiap 70 kebutuhan.

Niat Puasa Nisfu Sya'ban


نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى


Artinya, "Aku niat puasa sunnah bulan sya'ban karena mengharap ridlo dari Allah Swt"

Niat Sholat Malam Nifsu Sya'ban


اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى


Artinya, " Aku niat sholat sunnah malam nisfu sya'ban 2 rakaat, karena Allah Saw/ karena mengharap ridlo dari Allah Swt".



Demikianlah artikel tentang Penjelasan Singkat Tentang Malam Nisfu Sya'ban semoga bermanfaat.


0 Response to "Apa Itu Nisfu Sa'ban? Berikut Penjelasan Lengkapnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel