Amalan Dan Hikmah Malam Nisfu Sya'ban

Amalan Dan Hikmah Malam Nisfu Sya'ban

Nisfu Sya'ban- Pertengahan bulan sya'ban atau tanggal 15 bulan sya'ban para ulama dan para kyai melakukan satu amalan yang di kenal dengan istilah  malam nisfu sya'ban, malam nisfu sya'ban menjadi perdebatan di luar ranah islam seperti wahabi yang sejak dulu selalu menggugat amaliah yang di lakukan umat islam saat malam nisfu sya'an.

Tetapi kaum ini hanya menggugat amaliah saja, tidak sampai ke dalil Nisfu sya'ban, karena memang mereka menganggap hadits tentang  nisfu sya'ban hadistnya memang shohih, seperti pernyataan ulama mereka yakni Nashiruddin Albani dalam kitabnya yang di beri nama Silsilatu As-shohihah.

Baca Juga: Apa Itu Nisfu Sya'ban ?

Di Malam Nisfu Sya'ban di riwayat yang lain, Allah Swt menentukan hari dan tanggal kematian seseorang, jadi kalau semisal zaid atau hamzah kemarin meninggal dunia, itu sudah di tentukan kematian keduanya  di malam nisfu sya'ban sebelumnya.

Oleh karena itu di malam nisfu sya'ban ulama kita menganjurkan kepada kita  untuk memperbanyak melakukan  amal kebaikan,  serta menghilangkan sifat dengki kepada orang lain, amalan yang di anjurkan sesuai dengan sunnah nabi adalah sebegai berikut:

Amalan Nisfu Sya'ban 

Membaca Surat Yasin 3 kali, sebelum membaca surat yasin di anjurkan mengharap panjang umur dan barakah, membaca yasin kedua di serta dengan doa mengharap rejeki yang halal, pembacaan yasin ke 3 kita mengharap wafat dalam keadaan membawa iman dan islam, ada sebagian riwayatkan memperbolehkan meminta jodoh, meskipun dalilnya lemah.

Sholat Sunnah Pada Malam Nisfu sya'ban merupakan salah satu amalan yang sangat besar, dalam keterangan, "Barang siapa sholat dua rakaat pada malam nisfu sya'ban, maka Allah Saw akan menurunkan rahmad dan kasih sayangnya, serta akan mengabulkan kebutuhan makhluknya sebanyak 70 permintaan".

Puasa pada  Bulan Nisfu Sya'ban merupakan salah satu amalan yang pernah di lakukan Nabi Muhammad Saw.

Selain amalan di atas ini ada amalan yang harus di lakukan oleh  orang islam yakni memperbanyak melakuakn ibadah malam,  khususnya di malam nisfu sya'ban, seprti sholat sunnah, memperbanyak doa, membaca al-qur'an, dzikir, muthalaah kitab atau belajar.

Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban

Syeikh Alwi Al-Maliki dari kota Makkah menjelaskan bhwa di malam nisfu sya'ban banyak kemulyaan yang di berikan kepada hambanya, apa kemulyaan yang di berikan oleh Allah Swt kepada Hambanya, berikut penjelasannya:

Allah Swt akan mengampuni dosa bagi mereka yang mau meminta mengampunan dariku,  Allah Swt juga akan mengasihi bagi mereka yang mau mengasihi antar sesama makhluk, dan juga akan mengabulkan setiap doa yang di minta serta melapangkan penderitaan bagi mereka yang menderita.

Di Malam Nisfu Sya'ban ini Rahmad Allah Swt turun kepada hambanya, yakni akan mengampuni semua dosa hambanya, dengan catatan hatinya seorang hamba tersebut bersih dari sifat dengki (Merasa jengkel ketika temannya mendapatkan keberuntungan), dan selama seorang hamba tidak menyekutukan Allah Swt.

Hikmah Malam Nisfu Sya'ban

Belajar puasa di bulan sya'ban karena Rasulullah Saw mengnjurkan umatnya untuk berpuasaa, dengan berpuasa inilah kesempatan bagi seorang muslim untuk bisa melatih dirinya untuk berpuasa, guna menghadapi puasa di bulan suci Ramadlan.

Baca Juga:
  1. Tanda Kiamat Kubro Dan Sugra
  2. ADAB MENJENGUK ORANG SAKIT
  3. 6 Rukun Khutbah Jumat Yang Harus Di Pahami
Kesempatan Memperbaiki Amal. Seseorang yang faham bahwa malam nisfu sya'ban termasuk malam di mana amal kebaikan dan amal keburukan di angkat kepada Allah Swt, maka dari itu setiap insan pasti dalam hati nuraninya ingin memperbaiki dan memperbanyak amal kebaikan.

Demikianlah artikel tentang Amalan Dan Hikmah Malam Nisfu Sya'ban  semoga bemnfaat.















Belum ada Komentar untuk "Amalan Dan Hikmah Malam Nisfu Sya'ban "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel