10 Syarat Khutbah Jumat Yang Harus Di Pahami

Syarat Khutbah Jumat. Khutbah pada shalat jumat terikat dengan syarat yang harus terpenuhi, jika syarat tidak terpenuhi tidak sah khutbah jum'atnya tidak sah, harus mengulangi khutbahnya lagi, Nah, supaya khutbah jumat sempurna, Berikut kami jelaskan syarat khutbah jumat yang harus dipahami oleh Khatib.

10 Syarat Khutbah Jumat

Khutbah memiliki artian sebagai perkataan yang disampaikan oleh khatib. Pada khutbah shalat jumat berbeda seperti khutbah pada umumnya. Pada khutbah sholat jumat terikat dengan syarat yang harus dipenuhi oleh khatib. Untuk itu, syarat khutbah jumat sebaiknya bisa dipahami dengan lebih jelas.

Khutbah merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan benar saat pelaksanaan ibadah shalat jumat. Khutbah akan mempengaruhi keabsahan dalam shalat jumat. Untuk itu, ada baiknya bisa memahami syarat khutbah jumat secara lebih lengkap dan jelas.

Syarat Khutbah Jumat Lengkap

Adapun beberapa syarat yang diharuskan untuk bisa melakukan khutbah jumat dengan baik. Berikut beberapa persyaratannya:

1.    Khatib harus laki-laki, hal ini sudah pasti harus dipenuhi untuk bisa melaksanakan ibadah jumat lebih baik.

2.    Khatib harus suci dari hadas besar dan kecil. Sudah seharusnya, seorang khatib bersih dari hadas besar dan kecil.

3.    Khatib diharuskan untuk suci dari najis, baik untuk najis yang terdapat di badannya. Atau pakaiannya serta tempatnya semuanya harus benar-benar bersih.

4.    Syarat Khatib selanjutnya yaitu harus menutup aurat, dalam hal ini menggunakan pakaian muslim yang baik. Semua aurat bagi laki-laki. Sudah seyogyanya seorang khatib menggunakan pakaian memenuhi standar syariat serta kesopanan.

5.    Khatib harus berdiri jika mampu, seorang khatib diharuskan untuk bisa berdiri dalam memberikan khotbah kepada para jamaah.

6.    Khutbah dilaksanakan pada waktu setelah adzan ke-2 sholat jumat. Jangan sampai, khatib salah dalam melaksanakan khutbahnya.

Baca Juga: 


7.    Kemudian, isi dari khutbah baik pertama dan kedua setidaknya harus di dengar oleh jamaah sekurang-kurangnya 40 orang jamaah laki-laki. Kemudian, khatib juga harus mengeraskan suaranya agar bisa dipahami dengan baik oleh para jamaah.

8.    Khatib diharuskan untuk istirahat sejenak di antara dua khutbah.

9.    Khatib harus melaksana kan khutbah yang pertama dan khutbah kedua secara berturut-turt. Termasuk antara khutbah dengan shalat Jumat.

10.   Semua rukun-rukun khutbah harus disampaikan dengan bahasa arab.

Tentunya, bukan tanpa alasan syarat khutbah jumat harus bisa dipenuhi. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan ibadah jumat dapat berjalan dengan baik dan demi keabsahan shalat jumat. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Syarat Khutbah Jumat Yang Harus Di Pahami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel