8 Sunnah Khutbah Jumat. Umat Muslim Wajib Paham

Sunah khutbah jumat bisa dilakukan agar pelaksanaan ibadah shalat jumat lebih baik. Ketahui lebih jelasnya secara lengkap pada artikel ini.

8 Sunnah Khutbah Jumat

Dalam pelaksanaan ibadah shalat jumat, khutbah jumat menjadi yang cukup penting. Khutbah bukan diisi dengan nasehat-nasehat saja.

Melainkan, banyak hal yang akan disampaikan secara padat, jelas sehingga mudah diterima oleh para jamaah. Sunnah khutbah jumat dapat dilakukan agar pelaksanaan ibadah menjadi lebih baik.

Baca Juga: Rukun Dan Syarat Sholat Jumat

Sunnah memiliki artian jika dilakukan dapat menambah pahala, namun jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Jadi, sunnah dalam khutbah jumat ini tidak diwajibkan namun jika mampu sebaiknya dilakukan.

 Inilah sunnah khutbah jumat yang harus dipahami secara bersama.

Sunnah Khutbah Jumat Lengkap

Setidaknya, terdapat sembilan sunnah dalam khutbah jumat yang bisa dilakukan. Berikut beberapa sunnah tersebut:

1.    Khutbah Di Atas Mimbar

Khatib, alangkah baiknya untuk bisa melakukan khotbah diatas mimbar. Posisi dari mimbar disunahkan sebelah kanan dari mihrab atau pengimaman. Jika tidak ada mimbar, bisa digantikan dengan tempat yang lebih tinggi tujuannya agar khutbah didengar oleh para jamaah.

2.    Menghadap Jamaah

Dalam melakukan khutbah, khatib di sunnah kan untuk dapat menghadap ke jamaah bukan sebaliknya. Serta, untuk para jamaah juga di sunnah kan hal tersebut.

3.    Khutbah Dengan Lantang

Khatib hendaknya melakukan khutbah dengan keras dan lantang. Karena, hal ini akan sangat membantu untuk menggugah antusiasme dari para jamaah. Selain itu, juga agar lebih mudah untuk didengar oleh para jamaah.

4.    Salam Sebelum Berkhutbah

Khatib maju ke depan dan telah sampai di depan mimbar, hendaknya mengucapkan salam kepada jamaah.  Kemudian, dianjurkan untuk duduk sampai muadzin selesai azan.

5.    Khutbah Tidak Pendek Atau Terlalu Panjang

Sebaiknya, dalam melakukan khutbah tidak terlalu pendek juga tidak panjang. Sesuaikan dengan durasi yang standar.

6.    Memegang Tongkat Di Tangan Kirinya

Disunnahkan, bagi khatib untuk bisa memegang tongkat di tangan kirinya.

7.    Khutbah Mudah Dipahami

Penting! Dalam melakukan khutbah haruslah memberikan materi yang mudah dipahami oleh jamaah. Berikan materi yang mudah untuk dipahami, namun bermanfaat bagi para jamaah. Seperti kaitannya dengan bulan tertentu, efek maksiat, kematian, sedekah dan lainnya.

8.    Duduk Di antara dua Khutbah

Lama durasi dari duduk di antara dua khutbah hendaknya dalam bacaan al-ikhlash. Itu dia beberapa sunnah khutbah jumat yang sebaiknya bisa dilakukan.

Setidaknya,jika khatib mampu untuk melaksanakan sunnah tersebut maka dianjurkan agar bisa dilaksanakan. Karena, akan mendapatkan pahala lebih dari Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "8 Sunnah Khutbah Jumat. Umat Muslim Wajib Paham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel