6 Rukun Khutbah Jumat Yang Harus Di Pahami

Rukun Khutbah Jumat harus dilakukan oleh khatib agar bisa terlaksana shalat jumat dengan benar dan bisa mengesahkan. oleh karena itu seorang khatib harus mengetahui secara lengkap mengenai rukun khutbah shalat jumat pada artikel ini.

Rukun Khutbah Jumat Yang Benar

Di dalam artikel ini terdapat 6 Rukun Khutbah Jumat Yang Harus Khatib Pahami. Dengan memahami rukun ini, maka dapat melaksana kan khutbahnya dengan baik kepada para calon jamaah. Khatib diharuskan untuk bisa memenuhi rukun khutbah jumat.

Dengan adanya Rukun Khutbah, maka khatib bisa lebih memahami apa yang harus dilakukan. Sehingga, pada saatnya nanti melakukan khutbah bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, ada baiknya bisa memahami rukun khutbah jumat secara lengkap seperti dibawah ini.

6 Rukun Khutbah Jumat

Seorang khatib hendaknya bisa memahami rukun dalam melakukan khutbah shalat jumat. Berikut beberapa rukun yang harus dipahami:

1.    Khatib mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT. Khutbah shalat jumat diharuskan untuk di mulai dengan bacaan yang memuji kepada Allah SWT. Seperti Alhamdulillah dan yang lainnya.

2.    Selanjutnya, khatib membaca Shalawat atas Nabi Muhamad SAW. Baik pada khutbah yang pertama, atau khutbah yang selanjutnya.

3.    Kemudian, khatib mengucap dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat sangat penting untuk bisa diucapkan dalam setiap khutbah.

Baca Juga:
4.    Selanjutnya, Khatib berwasiat untuk memberikan nasihat islami kepada para jamaah. Mengajak untuk bertaqwa kepada Allah SWT baik untuk diri sendiri dan jamaag.

Kemudian, mengajak untuk bisa berbuat baik. Terutama, demi kebaikan umat manusia bersama baik untuk urusan dunia dan akhirat. Menggunakan bahasa yang baik dan jelas agar bisa mudah dipahami oleh para jamaah.

5.    Khatib kemudian membaca ayat Al-Qur’’an di salah satu khutbah yang dilakukan.

6.    Terakhir, Khatib mendoakan mukmin dan mukminat pada khutbah yang kedua. Gunakan suara yang fasih dan jelas agar dipahami dengan baik oleh para jamaah.

Penting, bagi khatib yang akan melakukan khutbah shalat jumat untuk bisa memahami Rukun Khutbah Jumat. Dengan begitu, ibadah shalat jumat yang dilakukan akan menjadi lebih baik. Semoga, apa yang kami bagikan bisa bermanfaat!

0 Response to "6 Rukun Khutbah Jumat Yang Harus Di Pahami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel