Pilihan Terbaik Kitab Karya Imam Syafi’I

Terbaik Kitab Karya Imam Syafi’I
Terbaik Kitab Karya Imam Syafi’I
Kitab Imam As-Syafi'i. Apakah anda sedang mencari referensi mengenai kitab karya imam syafi’i? Jangan bingung, kami akan membagikannya secara lengkap untuk anda semua.

Imam asy-syafi’I memiliki nama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi’I al Muthalibi al-Qurasyi. Beliau merupakan mufti besar dalam dunia sunni islam. Serta, sebagai penggagas dari mazhab syafi’i. Saat dewasa, beliau pergi ke kota Madinah untuk menuntut ilmu kepada imam Malik.

Baca Juga: Kitab Nahwu Dan Shorof. Download Gratis PDF

Sudah begitu banyak kitab karya imam syafi’I yang begitu terkenal, karna kitab beliau termasuk salah satu rujukan hukum islam, khsususnya negara Indonesia.

Kenapa Indonesia menggunakan madzhab Syafi'i, karena hukum islam  menggunakan madzhab syafi'i saat flexibel dan cocok di terapkan di negara Indonesia ini.

Kitab Karya Imam Syafi’i

Banyak kitab karya dari imam syafi’I yang cukup populer sampai dengan saat ini. Berikut beberapa kitabnya:

Al-Umm

Al-umm memiliki artian sebagai ibu. Jadi, dalam hal ini Imam Syafi’I berharap kitab tersebut bisa menjadi induk dari penjelasan tentang ilmu fikih. Sebagaimana, dalam kitab Al-umm sumber pembentukan mazhabnya terdapat beberapa tingkatan:

1. Ilmu dari itabullah serta Sunnah rasul
2. Ilmu dari ijma’ jika ada hal yang tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an serta hadits.
3. Fatwa sebagian sahabat yang tidak diketahui terdapat sahabat yang menyealahnya
4. Pendapat yang menjadi perselihihan dari kalangan para sahabat
5. Qiyas

Bab dalam kitab Al-Umm hampir mirip dengan kitab fikih yang lainnya yaitu ada bab thaharah, syarat berwudhu dan yang lainnya. Selain itu, ada juga kurang lebih 128 masalah hukum yang dibahas pada kitab tersebut.

Ar-Risalah

Salah satu kitab yang juga terkenal yaitu Ar-Risalah. Didalam kitab ini, ada informasi mengenai empat dasar dalam meng-istinbathkan-sebuah hukum. Yaitu Al-Quran,A;-Hadits,Ijma’,Qiyas.

Selain itu, beliau juga menolak dengan tegas metode pemikiran yang dianggap hanya berdasarkan kebebasan manusia saja, tanpa berdasarkan perilaku dan kepentingan seseorang.

Baca Juga

Download Gratis 11 Kitab  Pernikahan
5 Doa Minta Jodoh Yang Terbaik

Pada akhir bab kitab Ar-Risalah, menjelaskan mengenai ikhtilaf. Hal ini mengambarkan, bahwa beliau sangat menghargai pendapat orang dan mencinta perbedaan. Hendaknya,semuanya bisa memahami makna ini dengan benar.

Itulah beberapa Kitab karya iman syafi’I yang cukup populer. Tentunya, anda bisa membaca dan memahami makna dri kitab tersebut dengan benar. Setiap kitab yang dibuat tentu tidak sembarangan. Melainkan, memiliki makna yang jelas. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pilihan Terbaik Kitab Karya Imam Syafi’I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel