Mengenal Lebih Dekat Kitab Jawarihul Kalamiah

Kitab jawarihul kalamiah sangat cocok untuk anda baca untuk dalam mencari ilmu pengetahuan islami tentang sifat wajib, sifat mustahil bagi Allah Swt dan Rasulnya, serta membahas masalah aqidah islamiyah. Simak penjelasannya secara lengkap pada artikel ini.

Kitab jawarihul kalamiyyah dikarang oleh Syaikh Thohir bin Sholeh bin Muhammadbin Sholih bin Ahmad bin Mahbub Al-Sam’any Al-Jaza’iy Al-Damsiqy.

Sekilas mengenal, beliau merupakan seorang ulama Alim Al-Masyhur yang berpegang teguh ajaran teology Al-Asy’ariyah.

Baca Juga: Kitab Tafsir Al-qur'an Paling Masyhur Di Indonesia

Kitab ini menjelaskan ringkasan mengenai sifat wajib, sifat mustahil bagi Allah Swt dan Rasulnya, kitab ini  sangat cocok di ajarkan kepada anak didik di jenjang pemula (Sifir, Tsanawiah ).

Beliau lulusan Madrasah Al-Jaqmikiyah dan kemudian belajar kepada Syaikh Abdul Ghany Al-Ghonamy Al-Maidany. Beliau banyak sekali ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Pada kitab ini, menjelaskan mengenai masalah penting dalam lmu kalam. Mudah untuk dipelajari dan pengarang menjadikannya sebagai tanya jawab. Jadi, inilah yang akan memudahkan untuk proses pembelajaran pada semuanya.

Pada bab Muqaddimah ini mencakup tiga pertanyaan. Berikut pertanyaanya:

1. Apa makna Aqidah Islam?

Aqidah islam berarti perkara yang menjadi keyakinan ahlul islam. Dengan cara menetapkan keberanaran di perkara yang mengakui kebenarannya.

2. Apa Arti islam?

Islam ialah mengakui dengan lisan dan membenarkan pada hati bahwa sesungguhnya ajaran dari Nabi Muhammad adalah perkara hak dan benar.

3. Apa Rukun dan dasar Aqidah Islam?

Perlu diketahui, rukun dari Aqidah islam itu ada enam. Iman kepada Allah SWT, Para malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Hari akhir dan Takdir-Nya.

Kemudian, untuk pembahasan pada kitab ini juga cukup mendalam. Meskipun, ukuran dari bukannya tidak terlalu besar.

Seperti, untuk pembahasan pertama yaitu mengenai iman kepada Allah SWT. Kemudian, pembahasan kedua iman kepada malaikat.

Pembahasan ketiga iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Pembahasan ke empat iman kepada Nabi dan Rasul. Pembahasan kelima iman kepada hari akhir.

Baca Juga:
Pembahasan ke enam iman kepada Qodlo dan Qodar. Dan pembahasan penutup yaitu permasalahan penting dalam kajian ulama salaf. Semuanya disampaikan dengan sangat jelas dan mendalam.

Dengan bentuk tanya jawab membuat pembaca menjadi lebih mudah dalam memahaminya. Untuk anda yang tertarik, bisa mendownload dibawah ini:


Gratis Download Gratis

Sekian ulasan mengenai kitab jiwariul alamiah. Pembahasan yang ada pada kitab ini sangat baik dan perlu dipahami oleh pembaca. InsyaAllah, ilmu yang didapatkan akan sangat berarti. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kitab Jawarihul Kalamiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel