Mengenal Kitab Arba’in Nawawiyah

Kitab Arba’in nawawiyah merupakan salah satu kitab yang sangat terkenal, kitab ini banyak di kaji di pondok pesantren di jawa, kitab ini sangat mudah di fahami dan mudah di hafalkan serta isi mencakup kehidupan,  Tertarik ingin mengetahui lebih jelasnya? silahkan simak artikel di bawah ini.

Kitab arba’in tentu sudah sangat dikenal oleh banyak kalangan. Bukan hanya oleh umat muslim Indonesia saja, namun sudah sangat mendunia. Pengarang kitab ini yaitu Imam An-nawawi yang merupakan ulama besar bermazhab Asy-Syafi’i.

Kitab ini sudah biasa dipelajari oleh banyak kalangan. Bahkan, beberapa dari mereka menjadikan kitab ini wajib untuk dipelajari.

Kitab ini berisikan hadits Nabi kurang lebih ada 40an hadits. Lebih tepatnya lagi, yaitu berkisar 42 hadits yang dibahas. Dari semua hadits yang ada, pada kitab ini sudah sangat mewakili.

Hadits ini disebut sebagai “rubu’ut tasyri” atau seperempat legislasi hukum islam. Kemudian “ rubu’ud din” seperempat dien serta “tsulutsud din” yang berarti sepertiga dien.

Dengan hadits seperti ini, maka orang akan lebih mampu untuk menghafalkannya. Diharapkan, semua yang membaca juga bisa menghafalkan seluruh hadits nabi pada kitab ini.

Baca Juga:


Pada kitab ini, beliau berusaha untuk bisa memasukan hadits-hadits yang sahih saja. Sebagian besar diambil dari sahih Muslim dan Al-Bukhari.

Semua hadits yang dikumpulkan oleh beliau memiliki kandungan ajaran ushuluddin,prinsip dien, kaidah syariah dan rangkuman ajaran islam.

Maknanya, mengajarkan mengenai jenis ketaatan secara global. Beliau menjelaskan bahwa siapapun sudah seharusnya untuk bisa pemahaman mengenai hadits-hadirs seperti ini.

Awal mulanya, penulisan kitab ini berasal dari majelas Ibnu Ash-Sholah. Yaitu seorang ulama hadis besar di negeri Syam yang sangat terkenal bernama “Muqoddimah Ibnu Ash-Sholah”. Suatu hari, Ibnu Ash-Sholah mengadakan mahelis untuk mendiktekan 26 hadits nabi yang memiliki nama “Al-Ahadits al-kulliyah”.

Kemudian, dari situlah beliau mengambil hadits dan ditambahkan menjadi 42 hadist. Untuk anda yang ingin mengetahui kitabnya, bisa mendownload dibawah ini.

Hadits Arbain Nawawi. pdf
DOWNLOAD GRATIS
Karena, memiliki banyak sekali ilmu islami yang bisa didapatkan. Serta, untuk makna yang terkandung pada kitab ini juga sangat bermanfaat.

Nah demikian ini beberapa kitab Mengenal Kitab Arba’in Nawawiyah sangat populer di kalangan santri dan juga di penjuru dunia, semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kitab Arba’in Nawawiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel