Khutbah Jumat Tentang Pemimpin: Mereka Yang Layak Menjadi Pemimpin

Khutbah jumat tentang pemimpin dapat menjadi ilmu tambahan untuk para jamaah, karena makna pemimpin itu secara garis besarnya sangat luas bisa bermakna memimpin dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat. oleh karena itu teks khutbah ini sangat bermanfaat jika di sampaikan ke jamaah,  Ini dia ulasan lebih jelasnya yang bisa sahabat baca.

Khutbah Jumat Tentang Pemimpin

Khutbah jumat tentang pemimpin, dapat memahami mengenai pentingnya informasi kepemimpinan. Jangan sampai, dalam memilih pemimpin sembarangan dan membuat keputusan yang salah.

Mereka Yang Layak Menjadi Pemimpin

Jamaah Jumat Rahimakumullah.

Dalam menjalani kehidupan, tentu sangat dibutuhkan pemimpin. Sosok pemimpin tidak bisa di anggap sepele.

Karena, ini akan berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka yang layak menjadi pemimpin tentunya memiliki beberapa kriteria. Tidak sembarngan anda memilih seorang yang layak untuk dijadikan pemimpin.

Allah SWT berfirman:

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى ٱلزَّبُورِ مِنۢ بَعْدِ ٱلذِّكْرِ أَنَّ ٱلْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِىَ ٱلصَّٰلِحُونَ

Penjelasan diatas memiliki makna bahwa bumi sudah seharusnya dipimpin oleh seorang yang saleh. Karena, seorang yang saleh akan mampu untuk memberikan kebijakan yang baik kepada seluruh rakyatnya.

Negara Indonesia merupakan bumi kepemilikan Allah, dan akan tetap diwariskan kepada para pemimpin yang saleh dan berkualitas. Mereka yang saleh sangat layak untuk dapat dijadikan sebagai pemimpin. Karena, akan membawa kemakmuran bagi bumi nusantara.

Memilih pemimpin yang baik agamanya, akan baik pula dunianya. Semua aktivitas dan kebijakan yang dilakukan pasti akan dipertimbangkan secara matang.

Seorang mukmin diajarkan mengenai pentingnya untuk bisa bertaqwa kepada Allah. Pemilihan pemimpin yang memiliki taqwa tinggi juga sangat diperlukan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Setiap penduduk yang beriman, sudah pasti akan mendapatkan keberkahan dari Allah. Semua hal itu di mulai dari pemimpinnya. Jika pemimpinnya beriman dan bertaqwa dengan baik. Maka, penduduknya juga akan melakukan hal tersebut.

Saleh tidak hanya dalam di KTP saja, melainkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang pemimpin harus mampu untuk bisa melakukan kepemimpinan secara baik. Tidak sembarangan dalam mengeluarkan kebijakan. Karena, bisa berakibat fatal.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱلْأَرْضَ لِلَّهِ يُورِثُهَا مَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ ۖ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

Bumi yang telah diwariskan kepada pemimpin hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik. Pemimpin yang memiliki taqwa, amanan dan beriman tinggi pasti akan melakukan tugasnya dengan baik.

Dapat membantu penduduk untuk bisa menjalani kehidupan lebih baik. Serta bisa mendorong umat muslim agar bisa saling membantu satu sama lain. Sejatinya, hidup akan sangat indah bila saling membantu satu sama lain.

Baca Juga:
Khutbah jumat tentang kepemimpinan ada baiknya bisa dipahami secara mendalam. Sekali lagi, jangan sembarangan dalam memilih pemimpin! Sebaiknya, pastikan bahwa mereka memiliki sifat yang baik dan bisa bekerjasama dalam kehidupan.

Belum ada Komentar untuk "Khutbah Jumat Tentang Pemimpin: Mereka Yang Layak Menjadi Pemimpin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel