Inilah Tata Cara Khutbah Jumat Secara Lengkap

Tata Cara Khutbah Jumat Secara

Khutbah jumat tidak bisa dilakukan secara sembarang, namun ada tata caranya. Ketahui secara lengkap  Tata Cara Khutbah Jumat  pada artikel ini.

Bagi laki-laki yang beragama muslim, shalat jum’at hukumnya fardhu ain. sedangkan perempuan hukumnya boleh, selama tidak menimbulkan fitnah, kalau menimbulkan fitnah hukumnya makruh, Dalam menjalankan shalat jum’at yang akan menjadi khatib yaitu seorang laki-laki.

Menjalankan shalat jumat harus ada khutbah jumat. Dimana, dalam hal ini khatib menyampaikan nasehat islami kepada para jamaah.

Agar terlaksananya khutbah jumat dengan baik, tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan, seorang khatib harus paham Tata Cara Khutbah Jumat. Sebagai umat muslim, alangkah baiknya untuk memahami tata caranya tersebut.

Tata Cara Khutbah Jumat

Terdapat beberapa tata cara yang harus dilakukan dalam menyampaikan khutbah jumat. Berikut ini tata caranya:

1.    Khatib Naik ke atas mimbar atau tempat yang lebih tinggi lalu mengucapkan salam dan kembali duduk.

2.    Khatib duduk dan mendengarkan dan menjawab adzan.

3.    Khutbah Pertama, Khatib berdiri  menyampai kan isi khutbah dengan membaca Hamdallah terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan sholawat kepada Nabi SAW, membaca ayat al-qur'an, berwasiat tentang taqwa serta terahir mendoakan orang muslim.

Baca Juga:


4.    Setelah khutbah pertama disampaikan, Khatib duduk di antara khutbah pertama dan kedua dengan duduk sejenak sebelum khutbah selanjutnya, seukuran membaca tasbih.

5.   Kemudian, Khatib melanjutkan khutbah kedua. Khutbah kedua ini sebaiknya dilakukan dengan tidak terlalu panjang.

Serta, bisa menyampaikan isi dari khutbah dengan padat dan jelas. Hal ini penting agar para jamaah memahami apa yang dikatakan oleh Khatib. Sebaiknya, khutbah diakhiri dengan kalimat permohonan ampun kepada Allah SWT.

6.    Khatib membacakan doa untuk seluruh umat muslim dengan fasih dan suara yang keras.

7.    Selanjutnya, Khatib turun dari mimbar. Lalu, Muadzin mengumandangkan iqamah sebagai tanda akan melakukan shalat jumat.

8.    Terakhir, melaksanakan shalat jumat dua rakaat secara berjama’ah sampai selesai.

Begitulah Tata Cara Khutbah Jumat dilaksanakan dengan benar. Dalam melaksanakan khutbah jumat khatib harus melakukan tata cara diatas dengan benar. Jangan sampai, ada satu bagian yang terlewatnya. Semoga, dengan adanya pembahasan ini bisa menambah informasi bagi umat muslim.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Tata Cara Khutbah Jumat Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel