Para Wanita Harus Faham, Hukum Cukur Alis Dalam Islam

MULTAQO.COM- Walaupun sudah sering diinformasikan dalam berbagai kajian keislaman, namun masih banyak yang belum mengetahui tentang Hukum Cukur Alis Dalam Islam. Padahal, hal tersebut harus sangat diperhatikan walaupun terlihat remeh dan sepele.

Bagaimana Hukum Mencukur Alis Dalam Islam?

Wanita dengan kodratnya yang ingin selalu terlihat cantik dan menarik kadangkala melakukan berbagai macam cara salah satunya yakni mencukur rambut alis mereka. Padahal dalam Islam hal tersebut terdapat hukumnya tersendiri.

Hukum Cukur Alis Dalam Islam

Hukum Cukur Alis Dalam Islam yakni masih menjadi perdebatan di kalangan para ulama apakah itu boleh atau tidak jika dilakukan oleh seorang wanita maupun pria. Sebagian berpendapat memperbolehkanya dan lainya tidak.

1.  Dasar Dilarangnya Mencukur Alis

Adapun, ulama yang tidak memperbolehkan  mencukur bulu rambut di alis yaitu berpedoman pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan tentunya hal tersebut shohih serta terdapat kepercayaan kuat di dalamnya.

Hadist tersebut mengisahkan bahwasanya Allah akan menurunkan laknatnya kepada orang-orang yang memakai tato, pentato, mengubah bentuk gigi  atau  mengikirnya, serta para  wanita yang meminta  untuk dicukur bulu  di wajah mereka demi memamerkan kecantikan.

Dalam hadits tersebut, maksud dari mencukur bulu-bulu di wajah yakni termasuk  rambut alis, serta ujung-ujung muka wanita muslim seperti pinggiran dahi dan juga di dekat telinga.

Diharamkanmnya mencukur alis tersebut karena sama saja manusia mengubah bentuk ciptaan Allah yang sudah paling sempurna dan tentu saja tiada tandinganya di dunia ini sehingga sama dengan dihukumi tabarruj.

2. Dasar Diperbolehkanya Mencukur Alis

Berbeda dengan pendapat sebelumya, sebagian ulama memperbolehkan aktivitas mencukur alis karena mereka memahami bahwa hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori tersebut adalah melakukan pencukuran alis hingga ke akar-akarnya sampai tidak bisa tumbuh kembali,

Ulama di sini memperbolehkan mencukur alis bagi para wanita jika mereka diminta oleh para suami demi menyenangkan hati.

Adapun, dilarangnya Mencukur Alis apabila perbuatan tersebut ditujukan untuk bersolek atau mempecantik diri demi kepentingan pribadi serta akan diumbar di depan khalayak ramai termasuk bisa dilihat oleh laki-laki bukam mahram.

Baca Juga:


Jadi, bisa dikatakan di sini bahwasanya hukum dari mencukur alis adalah syubhat alias masih meragukan apakah itu halal atau haram sehingga Anda diharapkan sangat berhati-hati atau lebih baik tidak melakukanya.

Sebagai seorang wanita, hendaknya semua menjaga hal-hal yang masih syubhat dalam syariat Islam karena itu bisa menyebabkan penyakit hati serta mendatangkan dosa jika terus dilakukan walaupun sudah mengerti hukumnya.

Demikianlah pemaparan mengenai Hukum Cukur Alis Dalam Islam yang bisa di jadikan sebagai penambah wawasan agar lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu. Semoga informasi tersebut berguna dan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.


0 Response to "Para Wanita Harus Faham, Hukum Cukur Alis Dalam Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel