Inilah Fungsi Khutbah Jumat Yang Belum Banyak Orang Fahami

Fungsi Khutbah Jumat. Dalam pelaksanaan ibadah shalat jumat, khutbah memiliki fungsi yang begitu besar. Ketahui secara lengkap mengenai Fungsi Khutbah Jumat untuk kebaikan bersama.

Bagi umat muslim, ibadah shalat jumat tentu tidak boleh dilewatkan. karena ancaman bagi yang meninggalkan tanpa ada udzur di anggap Munafik.

Saat melakukan ibadah shalat jumat, khutbah menjadi hal yang penting. Karena, banyak sekali fungsi khutbah jumat yang mungkin belum dipahami oleh para umat muslim.

Inilah Fungsi Khutbah Jumat

Khutbah bukan hanya memiliki fungsi sebagai nasehat kepada para jamaah. Melainkan, masih banyak fungsi dari khutbah yang disampaikan oleh khatib dalam ibadah shalat jumat.

Ingin tahu apa saja Fungsi Khutbah Jumat? Jangan khawatir, kami sampaikan secara lengkap pada artikel ini.

Fungsi Khutbah Jumat Lengkap

Fungsi dari adanya khutbah jumat begitu banyak dan harus anda ketahui. Berikut beberapa fungsi dari khutbah jumat:

1.    Meningkatkan Ketaqwaan Dan Keimanan

Salah satu fungsi dari khutbah jumat yaitu untuk meningkat kan ketaqwaan dan keimanan. Karena, fungsi dari khutbah yaitu untuk bisa mengajak umat muslim agar semakin taqwa kepada Allah SWT. Jamaah bisa menghayati setiap perkataan yang diberikan oleh khatib agar semakin lebih beriman.

2.    Menambah Pengetahuan Islamiyah

Tidak dapat dipungkiri, jika dalam khutbah selalu ada hal baru yang mungkin belum diketahui. Untuk itu, tidak heran jika fungsi khutbah bisa menambah pengetahuan Islamiyah. Sudah tugas dari khatib untuk bisa memberikan pengetahuan kepada para jamaah.

3.    Menjaga Persatuan Umat Muslim

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya bisa menjaga persatuan umat muslim. Dengan khutbah yang baik, mengajak agar bisa menjaga persatuan umat muslim. Tugas dari khatib memang berat, namun inilah fungsi dari khutbah agar umat muslim tetap bisa bersatu dalam berkehidupan.

4.    Memberikan Nasehat Kepada Sesama Muslim

Khutbah sudah jelas memiliki fungsi untuk memberikan nasehat secara islami kepada sesama muslim. Karena, hal ini memang harus dilakukan agar bisa membentuk umat muslim yang berkelakuan baik. Serta, agar para jamaah bisa mengedepankan akhlak yang baik dalam berkehidupan.

Baca Juga
Bagaimana, ternyata cukup banyak ya Fungsi Khutbah Jumat? Mendengarkan khatib berkhutbah sngat membuat hati menjadi lebih tenang. Terlebih, jika materi yang disampaikan berkualitas tentunya bisa memberikan manfaat yang banyak bagi para jamaah. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Fungsi Khutbah Jumat Yang Belum Banyak Orang Fahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel