Lengkap Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sering Di Baca

Doa Menjenguk Orang Sakit. Halo sahabat Multaqo.com semoga selalu sehat dan sukses, kali ini admin ingin membagikan sesuai artikel tentang doa menjenguk orang sakit, agar ketika menjenguk tidak hanya membawa oleh-oleh saja, melainkan bisa menghibur, menyemangati dan mendoakan.

Para nabi termasuk salah satu manusia yang paling berat menerima ujiannya, tujuan ujian yang di turunkan kepada para nabi untuk menambah derajat di sisi Allah Saw.

Seperti dalam Kitab Riyadus Sholihin, "Ketika Rowi hadits yakni Abu Al-Khudri masuk ke dalam rumah Rasulullah Saw, saat itu Rasulullah Saw sedang sakit panas, lalu aku letakkan tanganku ke dahi Rasulullah Saw, aku mendapati sakit panas yang di derita Nabi Muhammad Saw sangat parah,

Abu Khudri berkata, Ya Rasulullah betapa panasnya sakit yang engkau derita, Rasulullah Saw bersabda, Para Nabi memang di beri ujian yang sangat berat, kemudian orang terbaik, lalu yang terbaik dan seterusnya.

Doa Menjenguk Orang Sakit

Rasulullah Saw mengalami sakit panas, sebagimana rasa sakit yang di derita oleh dua orang  (dua kali lipat sakit yang di derita Rasulullah), oleh karena itu kita harus bersabar dengan kondisi sakit yang kita derita, mengelu tidak mengapa karena sakit yang di derita, asalkan tidak menentang atau tidak terima dengan sakit yang di derita.

Menjenguk Orang Sakit termasuk salah satu perbuatan yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw, kepada umatnya, serta Rasulullah Saw juga sering menjenguk sahabat atau keluarganya.

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Rasulullah Saw mengajarkan kepada umatnya ketika menjenguk orang sakit, yakni hendaknya selalu memberi nasihat dan menyemangati orang yang mengalami sakit, seperti Hadits yang di riwayatkan oleh Imam Al-Bukhori.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Latin, "La Ba'sa Tohurun Insya Allah"

Artinya, "Tidak mengapa, semoga ini menghapus dosamu, insya Allah."

Hadits ini mengajarkan kepada umatnya untuk menasehati orang sakit, agar selalu tabah, sabar dan menerima dengan lapang dada sakit yang di ujikan kepadanya, sebab, orang  sakit lalu ia sabar dan menerima dengan lapang dada, maka baginya terhapus dosa-dosa kecilnya.

Dalam satu keterangan ketika seseorang sakit, di angkat 3 perkara darinya, yakni, kekuatannya, nafsu makan dan dosanya, ketika sembuh 3 perkara tersebut di kembalikan kepadanya kecuali 1 yakni dosa, nah, dosa ini tidak di kembalikan lagi kepadanya, jika ia sabar dan tabah. namun, kalau ia tidak sabar menerima sakit yang di derita, maka dosa yang terangkat akan di kembalikan lagi.

Doa Menjenguk Orang Sakit Latin

اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْ سَ اِشْفِ وَأَنْتَ الشَّافِيْ لَاشِفَآءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin, " Allahumma Rabban Naasi Adzhibil Ba'sa Isyfi Wa Antasy-Syaafii Laa Syifaa-A Illaa Syifaa-Uka Syifaa-An Laa Yughaadiru Saqaaman".

Artinya, "Ya Tuhanku, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala macam penyakit. Engkau adalah Dzat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali'.

Doa ini adalah ajuran Rasulullah kepada umatnya untuk di baca ketika menjenguk orang sakit, namun, sedikit dari umatnya menjenguk tujuannya agar keluarga merasa tidak ksepian, jadinya banyak ngobrol, lupa  tidak mendoakan orang yang sedang sakit.

Rasulullah Saw mengajarkan kepada umatnya ketika tidak sempat menjenguk orang sakit, yakni untuk bertanya kondisi sakitnya kepada keluarga atau sahabat yang pernah menjenguknya, dan di sunnahkan bagi keluarga atau sahabatnya untuk memberikan kabar terbaik, seperti contoh, "Alhamdulillah kondisi sudah membaik, meskipun kondisi sebenrnya parah, karena ucapan seseorang mengandung doa.

Doa Menjenguk Orang Sakit Dan Artinya

Rasulullah Saw memang teladan terbaik sepanjang masa, semua hal apapun tidak lepas dari bimbingan beliau, itu semua di lakukan agar umatnya menjadi umat terbaik dan tidak tersesat seperti umat terdahulu.

Banyak doa yang di berikan kepada umatnya, mulai Doa Bepergian. Doa Ketika Turun Hujan, Sampai Doa Meminta Jodoh yang terahir Rasulullah Saw memberikan Sebuah Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit.   Seperti doa di bawah ini yang di ambil dari Kitab Adzkar Nawawi Halaman, 115.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ 

Latin, "Syafakallahu Saqamaka, Wa Ghofara Dzanbaka Wa 'Afāka Fi Dinika Wa Jismika Ila Muddati Ajalika".

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sedang sakit), lalu berdoa, Semoga Allah menyembuhkanmu, Semoga Allah  mengampuni dosamu, dan memberi kesehatan terhadap badanmu dalam hal agama serta sampai ajal menjemput.

Ketika Rasulullah Saw menjenguk sahabatnya yakni Sa'ad yang pada waktu itu sedang sakit, lalu Rasulullah Saw mendoakan kesembuhan untuk sahabat Sa'ad seperti doa di bawah ini, doa ini di ambil dari Kitab Adzkar Nawawi Halaman 114.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Latin, "Allahumma isyfi Sa‘dan. Allahumma isyfi Sa‘dan. Allahumma isyfi Sa‘dan". beliau membaca doa ini 3 kali.

Artinya, “Ya Allah Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Ya Allah Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Ya Allah Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad”.  

Doa Menjenguk Orang Sakit Bahasa Arab

Islam agama yang sangat baik dan di ridloi oleh Allah Swt yang di bawa oleh Para nabi, islam banyak mengajarkan kepada pemeluknya sebuah arti kehidupan dan persahabatan.

Banyak di temukan di dalam islam sebuah bimbingan untuk hidup sehat, aman dan selamat dari Murka sang pencipta, serta sebuah tuntunan persahabatan baik waktu sehat atau sedang sakit.

Sebuah doa untuk sahabat yang sedang sakit, yang di ambil dari kitab Adzkar Nawawi, halaman 114.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ 

Latin, "As’alullahal Azhim Rabbal ‘Arsyil ‘Azhimi An Yassfiyaka".

Artinya, “Aku memohon Kesembuhan kepada Allah yang maha agung, Tuhan menciptakan, merawat serta pemilik arsy". 

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Latin, " Imsah Al-ba’sa Robban Nasi Bi Yadikas Syifa'u. La kasyifa Lahu Illa Anta".

Artinya, “Hapuslah penyakit ini Tuhan yang menciptakan dan merawat manusia. dengan kekuasaanmulah kesembuhan itu. Tidak ada yang bisa menyembuhkan penyakit ini kecuali engkau ya Rabb”. 

Kebolehan Mendatangi Dukun Atau Orang Pintar

Kebanyakan masyarakat ketika sakit selain ke dokter juga terkadang pergi ke dukun atau istilah islaminya orang pintar untuk berobat.

Dukun atau orang pintar ada dua kategori, yang pertama cara pengobatannya menggunakan bacaan al-qur'an atau dikir-dzikir terntu, serta ia tetap memiliki pendirian bahwa semua yang ia lakukan hanya sebuah wasila (perantara) saja, sedangkan penyeembuhan mutlak hanya milik Allah Swt, maka boleh mendatangi dukun yang pertama ini.

Yang Kedua, pengobatan menggunakan bacaan-bacaan yang tidak di ambil dari al-qur'an atau dzikir atau menggunakan pengobatan yang di larang oleh syariat seperti meminum kencing, atau air yang najis, serta kesembuhan itu hasil dari pengobatannya, bukan  kuasa dari Allah Swt, maka dukun yang kedua ini tidak boleh di datangi, bahkan haram.

Haram juga mendatangi dukun yang menggunakan bacaan yang di ambil dari al-qur'an atau dzikir sebagai pengobatan, setelah sembuh, iya menganggap bahwa kesembuhan itu karena hasil pengobatannya.

Demikianlah artikel yang membahas masalah Doa Menjenguk Orang Sakit semoga bisa memberi kemanfaatan kepada penulis dan pembaca.

Nantikan artikel manfaat lainnya, serta dukung website ini agar bisa memberikan informasi seputar keislaman dan sahabat bisa bertanya terkait hukum atau yang berkenaan dengan islam.









0 Response to "Lengkap Doa Menjenguk Orang Sakit Yang Sering Di Baca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel