Doa Berpakaian Dan Bercermin Arab Latin Beserta Artinya

Doa Berpakaian. Islam merupakan salah satu agama rohmatal lil 'alamin (membawa kebaikan kepada seluruh alam), dalam semua hal islam selalu menuntut pemeluknya untuk terus melakukan kebaikan, di samping melakukan,  ada doa yang di baca, agar ada dampak.

Islam dalam segala hal juga memberikan bimbingan atau tuntunan terhadap pemeluknya, agar pemeluknya tidak terjerumus ke dalam kesesatan.

Syair yang terdapat di kitab Kifayatul At-qiya' menjelaskan bahwa, Allah Swt kecewa terhadap hamba yang tidak mau meminta kepadanya, sedangkan makluk (manusia) marah ketika di minta bantuan.

Di dalam ayat al-qur'an Allah Swt juga berfirman, mintalah (berdoalah) kepadaku, niscaya akan aku kabulkan.

Doa Berpakaian Dan Bercermin

Dalam syariat islam doa yang di baca sangatlah banyak,  sebagai bentuk pengakuan seorang hamba atas ketidak berdayaan, oleh karena itu hamba selayaknya berdoa kepada Allah Swt dalam kondisi tertentu seperti doa minta Jodoh, Doa mau Bepergian, Doa di timpa Musibah, sampai Doa Berpakaian Dan Bercermin yang di ajarkan islam kepada seorang hamba.

Doa Berpakaian Dan Bercermin. bercermin dan berpakaian termasuk salah satu pekerjaan ringan yang selalu di kerjakan oleh seorang hamba setiap hari, bahkan setiap waktu.

Islam mengajarkan kepada penganutnya ketika  Berpakaian Dan Bercermin untuk selalu berdoa, di sampaing berdoa, ada salah satu adab yang harus di perhatikan ketika berpakaian.

Baca Juga:
Seperti Rasulullah Swt ketika ingin  berpakaian beliau  selalu membaca doa, lalu  memakai pakaian di mulai dari anggota sebelah kanan, lalu bagian tubuh bagian kiri, ketika ingin melepas pakaian di mulai dari anggota kiri lalu di susul dengan anggota sebelah kanan.

Kenapa kanan di dahulukan, Imam Nawawi menjelaskan bahwa , “Mendahulukan yang kanan ketika melakukan sesuatu yang mulia, seperti Berpakaian Dan Bercermin, memasang sepatu, masuk ke masjid.

Doa Berpakaian Dan Artinya

Berpakain termasuk salah satu perbuatan yang di nilai mulia, kenapa kok di nilai mulia, iya, sebab, berpakaian termasuk salah satu alat untuk menutupi aurat, dengan berpakaian seseorang hamba mulia.

Oleh karena itu berpakaian yang di benarkan adalah sebagai berikut, memakai pakaian di mulai dari anggota sebelah kanan, di lanjutkan bagian tubuh bagian kiri, ketika ingin melepas pakaian di mulai dari anggota kiri lalu di susul dengan anggota sebelah kanan.

Ketika mau menggunakan pakaian di anjurkan untuk membaca doa, berikut doa yang di anjurkan:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Latin, " Alhamdu lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Hawlim Minni Wa Laa Quwwatin". 

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang memberi  pakaian  ini kepadaku dan Allah Swt memberi rizeki kepadaku, Tidak ada kekuatan untuk mencegah dari kemaksiatan dan tidak ada kekuatan untuk melakukan ketaatan dariku, kecuali atas pertolongan dari Allah Swt”.

Doa Berpakaian Baru

Ramadlan tinggal menghitung hari lagi, setelah itu menikmati indahnya Idul Fitri, bukan karena perayaannya, melainkan ingin menggunakan Pakaian Baru.


بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Latin. "Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya. “Dengan nama-Mu ya Allah, aku minta kepadamu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku meminta perlindungan kepadamu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya

Doa Melepas Pakaian

Doa Melepas Pakaian di mulai dari anggota tubuh sebelah kiri dulu, yakni tangan sebelah kiri, lalu di lanjutkan nggota/ tangan sebelah kanan, demikianlah kesunnahan yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad Saw, setiap melakukan perkara yang baik awali dengan yang kanan.


Demikianlah Doa Melepas Pakaian yang sering di baca:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Doa Berpakaian Latinnya. "Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa".

Artinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”.

Membaca doa ketika memakai atau melepas pakaian ini ada manfaatnya bagi orang islam. Pertama, berdoa saat menggunakan pakaian menunjukkan  orang tersebut selalu bersyukur atas baju yang di rejekikan kepadanya.

Kedua, orang islam membaca doa saat berpakaian akan membuat seseorang terlindung dari musibah atau kejahatan.

Ketiga seseorang yang membaca doa ketika memakai pakaian, akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt seperti yang di jelaskan di dalam kitab al-Adzkar, yang di riwayatkan Mu’adz bin Anas.

Doa Bercermin

Allah Swt menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia bisa sempurna ciptaanya karena di anugerahi akal, untuk berfikir, oleh karena itu kita sebagai manusia patut bersyukur di jadikan sebagai insan yang sempurna.

Dengan kesempurnaan penciptaanya, kita patut bersyukur, bersyukur banyak cara yang di anjurkan, seperti selalu membaca Tasbih dan Alhamdulillah, memperbanyak amalan dan ibadah, juga memperbanyak Doa Ketika Bercermin, sebagai bentuk syukur Kita kepada Allah Swt.

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Doa Bercermin Latin. "Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii"

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”.

Demikianlah artikel yang membahas masalah Doa Berpakaian Dan Bercermin Arab Latin Beserta Artinya, semoga bisa memberikan kemanfaatan.















0 Response to "Doa Berpakaian Dan Bercermin Arab Latin Beserta Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel