Mengenal Lebih Dekat Kitab Al-Mustashfa Karya Hujjatul Islam "Imam Al-Ghazali"

Imam Al-Ghazali Hujjatul Islam memiliki banyak sekali karya kitab tentang tasawuf dan filsafat yang sangat mendalam. banyak yang menyebut fokus kajiab beliau mengenai  tasawwuf, tetapi ada sebagian lagi mengacu ke ilmu filsafat, Mari kita ketahui bersama mengenai kitab imam al-ghazali “kitabal-mustashfa”

Nama lengkap dari seorang Imam Al-Ghazali yaitu Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali al-Thusi al-Syafi’I. Pada usia dewasa beliau pergi menuju ke kota Nisabur.

Di kota ini, kemudian beliau masuk dalam Universitas Nidhamiyar. Serta, mulai berguru kepada Imam Haramin. Setelah itu, beliau diangkat menjadi guru besar madrasah itu dan berlangsung sekitar 6 tahun lamanya.

Kemudian, beliau kembali lagi ke tanah kelahirannya di al-Thus dan mendirikan tempat tajribah untuk para sufi yang ingin mempelajari mengenai dzikir olah batin.

Dalam hidupnya, beliau dikenal sebagai sosok yang kaya akan ilmu pengetahuan. Karena, daya ingatnya melebihi dari kemampuan orang lainnya.

Tepatnya, pada tahun 499 H, beliau mendapatkan permintaan dari mahasiswanya agar menuliskan kitab pegangan mengenai metode penggalian hukum islam.

Arti dari judul kitab ini yaitu upaya menuju kondisi shafiyun(bersih). Mengambarkan mengenai akhir dari perjalanan hidup beliau yang keluar dari Universitas Nidham al-Mulk dan fokus pada dunia ketasawufan.

Baca Juga:


Kitab ini disusun menggunakan gaya bahasa yang imbang, sulit dan mudah. Serta, penulisan yang baik dan begitu rapih ditekankan pada kitab ini. Kitab al-mustashfa diorganisasikan dengan istilah “quthub” dan dibagi menjadi 4 yaitu:

1. Apakah hukum syar’I itu?
2. Dimana hukum syar’I ditemukan atau apa sumber dari hukum syar’I itu?
3. Bagaimana cara menemukan hukum dari sumber hukum syar’i?
4. Siapa yang berwenang melakukan penemuan hukum syar’I dari sumber hukum tersebut?

Dengan 4 Quthub tersebut maka beliau menjelaskan secara lengkap pada kitab tersebut. Pembahasan dari kitab ini sangatlah menarik. Tentunya, dengan makna yang sangat mendalam dan pembahasan mengenai quthub yang telah dijelaskan diatas. Semuanya dibahas secara jelas dan mudah untuk dipahami.

Begitulah, pembahasan mengenai kitab imam al-ghazali “al-mustashfa” yang sangat menarik untuk bsia dicermati. mungkin sahabat ingin mendapatkan download PDF gratis kitab Kitab Al-Mustashfa karya Imam Al-Ghazali, berikut kitabnya.

Kitab Al-Mustashfa PDF
DOWNLOAD


Ilmu pengetahuan yang begitu luas dari beliau membuat kita semua akan mendapatkan ilmu tambahan. Masih banyak karya lainnya dari beliau yang bisa anda baca. Semoga penjelasan diatas bermanfaat!

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Kitab Al-Mustashfa Karya Hujjatul Islam "Imam Al-Ghazali""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel