6 Keutamaan Menuntut Ilmu Yang Paling Di Cari

Menapaki tahun 2020  ini banyak masyarakat umum sering di resahkan oleh beberapa oknum yang mengaku sebagai Kerajaan Agung Sejagat setelah kedoknya terbongkar, muncul lagi Sunda Empire yang mengakui menguasai dunia, tidak lama muncul lagi seorang yang mengaku King Of The King.


6 Keutamaan Menuntut Ilmu Agama


Siapa King Of  The King, ia seorang manusia laki-laki paru baya yang  mengaku sebagai kerajaan king of the king yang memiliki kekayaan 60 Triliun dan bisa melantik presiden di dunia.

Melihat fakta kenyataan yang timbul di Indonesia ini sangatlah mengagetkan dan mersahkan, betapa tidak, oknum yang mengaku sebagai pemiliki kerajaan, pasti telah termakan oleh isu-isu dan pencucian otak, sehingga ia tertipu oleh isu-isu tersebut, sehingga mengakui dirinya sebagai manusia terkuat.

Dengan kondisi seperti ini sangatlah penting bagi umat islam untuk selalu mencari ilmu yang jelas dasar sumbernya, agar tidak goyah dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat luas.


Baca Juga: Adab Ziarah Kubur Bagi Wanita Haid

Semakin banyak ilmu yang di serap, maka semakin  ia tidak akan kaget dengan keadaan atau kondisi di masyarakat, karena ia telah mempunyai dasar hukum, solusi dan benteng hidup.

Kenapa sih, umat islam harus menuntut ilmu, memangnya ada keutamaan apa di balik mencari ilmu itu, Berikut penjelasannya ??

Pengertian Menuntut Ilmu

Keutamaan Menuntut Ilmu Adalah Keistimewaan, terbaik, memiliki nilai unggul ketika seseorang mempunyai usaha untuk mencari pengetahuan, agar bisa menghilangkan  kebodohan, serta usaha untuk merubah karakter ke jalan yang lebih baik dan di ridloi oleh syariat.

Menuntut ilmu disini sangat umum, sebab, pada hakikatnya semua ilmu itu milik Allah Swt yang di turunkan kepada hambanya, seperti ilmu matematika yang di turunkan kepada Nabi Idris.

Oleh karena itu umat islam selayaknya mencari segala macam ilmu, tetapi  yang tidak bertentangan dengan syariat.

Keutamaan Menuntut Ilmu

Keutamaan Menuntut Ilmu Agama Dalam Kitab Tanbihul Qofilin

Seorang muslim yang menuntut ilmu sangatlah besar pahala dan keutamaan yang di janjikan oleh Rasulullah Saw dan Allah Swt, banyak sekali keterangan di dalam kitab keutamaan menuntut ilmu, seandainya di tulis di artikel ini, niscaya akan menjadi buku skripsi, oleh karena itu saya menulis hanya beberapa keutamaan menuntut ilmu.

Di Riawatakan oleh Imam Ibrahim Assamarqondi, seseorang yang menuntut ilmu lebih utama di banding orang yang berjihat di jalan Allah Swt.

Semua hewan yang terbang di angkasa, hewan di daratan dan hewan di laut  turut serta mendoakan orang-orang yang menuntut ilmu.

Di Riwayatkan oleh Imam Abu Hurairah bahwa satu orang yang menuntut ilmu (‘Alim) Syaitan sangat berat tanggunganya di banding 1000 seorang ahli ibadah, apalagi orang yang menuntut ilmu serta ahli ibadah, maka tidak ada cela bagi syaitan untuk mengganggu.

Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam

Di sebutkan di hadits, sesungguhnya orang alimnya tanah Basrah berbeda pendapat mengenai keutamaan ilmu dan harta, sebagai ahli basrah berpendapat ilmu itu lebih utama dari pada harta, sedangkan sebagian yang lain mengatakan harta lebih utama dari pada ilmu.

Lalu diantara mereka mendatangi sahabat Abdullah Ibn Abbas dan menyampaikan perdebatan itu, Ibn Abbas  berkata, yang lebih utama adalah ilmu di banding harta, kenapa demikian.

Sebab, ilmu itu warisan para nabi sedangkan harta warisan kaum fir’aun, ilmu itu menjaga pemiliknya sedangkan harta di jaga oleh pemiliknya, Allah Swt  memberikan ilmu kepada orang yang di cintainya, sedangkan harta di berikan kepada orang yang tidak di cintai oleh Allah Swt.

Keutamaan Menuntut Ilmu Syar'i Dalam Kitab Riyadus Solihin

Dari Sahl bahwa Rasulullah Saw berpesan kepada saudara sepupu beliau yakni Sayyida Ali Bin Abi Thalib, “Demi Alloh, sesungguhnya Alloh memberi hidayah kepada seseorang dengan melalui perantaraanmu, itu lebih baik daripada engkau mendapatkan unta merah.”

Unta Merah sebuah kiasan sebagai harta benda yang sangat mulia, harta yang sangat berharga yang nilainya  sangat tinggi, itulah keutamaan seorang yang memberikan ilmu kepda orang lain, lebih baik, lebih tinggi derajatnya di banding mendapatkan harta kekayaan .

Dari Imam Abu Hurairah, Bahw Rasulullah Saw bersabda, “Dunia beserta isinya  itu dilaknat kecuali orang-orang yang mau berdzikir kepada Alloh Swt, orang-orang yang taat kepada Alloh, dan orang yang mencari berilmu, atau orang yang mengajarkan ‘ilmu itu sendiri.” (HR. Tirmidzi, hasan).

Demikianlah artikel tentang  6 Keutamaan Menuntut Ilmu Agama  Dan Pengajaran Dalam Islam  yang dapat kami bagikan semoga bisa memberikan kemanfaatan dan lebih semangat lagi mencari ilmu, karena di balik mencari ilmu banyak sekali  keutamaan yang di janjikan.


Belum ada Komentar untuk "6 Keutamaan Menuntut Ilmu Yang Paling Di Cari "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel