5 Keutamaan Adzan Dalam Hadits Shohih

Keutamaan Adzan.  Siapa yang tidak kenal dengan suara adzan, yang setiap harinya selalu bergemuruh di setiap masjid dan musholla untuk memberitahukan kepada umat islam, bahwa waktu sholat telah tiba.

7 Keutamaan Adzan Dalam Hadits


Pada artikel kali ini admin ingin membagikan kepada sahabat semua, tentang keutamaan adzan, keutamaan di antara adzan dan iqomah, keutamaan menjawab adzan dan mendengarkan atau keutamaan diam saat adzan, keutamaan membaca doa setelah azan, Yuks kita simak artikel di bawa ini semoga bermanfaat.


Keutamaan Adzan

Berbicara tentang keutamaan adzan, sahabat pasti sudah banyak yang tahu, baik tahu dari membaca beberapa kitab, buku atau tahu saat mendengarkan ceramah agama.

Disini kami tidak memberikan banyak hadist keutamaan adzan, sebab di artikel sebelumnya sudah kami banyak jelaskan tentang Keutamaan Adzan, disini kami ingin memperjelas 1 hadits yang perlu di ta’wil, yakni

  عن معاوية رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول:المؤذنون أطول الناس أعناقا يوم القيامة

Dalam hadits ini muadzin kelak pada hari kiamat lehernya akan panjang

Maksud Muadzin leher panjang ialah sejak dulu  tradisi bangsa arab ketika memberi julukan kepada kaum bangsawan menggunakan kata  أطول الناس أعناقا , yakni orang yang memimpin, orang yang mulia atau orang yang banyak pengikutnya.

Kalau dalam kitab Fathul Qodir yang di maksud dengan leher panjang ialah orang akan mendapatkan kemulyaan, lantaran setiap 5 waktu selalu memperbanyak membaca shahadat dalam adzannya.

Sedangkan menurut Imam Ramli yang di maksud leher panjang ialah muadzin akan cepat masuk surga ketika hari kiamat.


Keutamaan Di Antara Adzan Dan Iqomah

Cepat terkabulnya sebuah doa itu ada 3 faktor, pertama Tempat, Kedua Waktu, Ketiga Orangnya.

Waktu terkabulnya doa salah satunya ialah ketika pembaca khutbah duduk di antara dua khubah, sepertiga malam, di antara adzan dan iqomah, untuk itu bagi kita sudah selayaknya memperbanyak berdoa ketika selesai adzan.

Baca Juga:

Tata Cara Dan Adab Mengucapkan Salam
5 Doa Di Jauhkan Dari Fitnah Dunia Dan Akhirat


Untuk siapa terkabulnya doa di antara adzan dan iqomah itu ?, di kutip dari kitab Fatawa Syabakah Islamiyah dan di kutip dari Imam Syaukani dalam “Nailul Author”.

Bahwa terkabulnya doa itu bagi orang-orang yang menunggu waktu sholat atau menunggu adzan di masjid, sedangkan menurut Imam Syaukani berlaku bagi orang umum, baik ada di masjid atau di luar masjid, yang terpenting orang tersebut menunggu waktu sholat tiba.


Keutamaan Menjawab Adzan

Menjawab adzan sangatlah besar pahala yang di dapatkan seperti yang tertera dalam penjelasan hadist ini “Menjawab adzan, lalu memohon wasilah untuk Nabi Muhammad, maka dia berhak mendapatkan  syafaat dariku".

Di dalam hadits yang lain Rasulullah Saw pernah juga bersabda seperti, “Siapa orang mengucapkan adzan, seperti yang dilantunkan oleh  Bilal, dengan yakin maka dia akan masuk ke dalam  surga".


Keutamaan Membaca Doa Setelah Azan

Di dalam agama islam banyak sekali tuntunan masuk surga seperti  yang di ajarkan oleh Rasulullah Saw kepada Umat, tinggal umatnya yang memilih, apakah ingin masuk surga atau masuk surga, karena resepnya sudaj di ajarkan oleh Rasulullah Saw.

Berbicara tentang Hadits Keutamaan Adzan Dan Muadzin memang tidak pernah ada habisnya, karena memang banyak sekali keutamaanya, seperti artikel yang kita bahas ini yakni tentang membaca doa setelah adzan.

Rasulullah Saw pernah bersabda, "Barang siapa setelah adzan membaca doa di bawah ini, maka dia berhak mendapatkan syafaatku (Pertolonganku) kelak d i hari kiamat.


للَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، والصَّلاةِ القَائِمَةِ، آتِ مُـحَمَّداً الوَسِيْلَةَ والفَضِيْلَةَ، وابْعَثْهُ مَقَاماً مَـحْمُوداً الَّذِي وَعَدْتَهُ، إنَّكَ لا تُخْلِفُ الـمِيْعَاد

Selain doa di atas ini ada juga hadits yang di riwayatkan oleh Saad Bin Abi Waqos, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda, "Barang siapa yang setiap kali mendengar Muadzin mengumandangkan adzan, kemudian dia membaca doa seperti di bawah ini. Maka dosanya di ampuni".

مَنْ قَال حِينَ يسْمعُ المُؤذِّنَ : أَشْهَد أَنْ لا إِله إِلاَّ اللَّه وحْدهُ لا شَريك لهُ ، وَأَنَّ مُحمَّداً عبْدُهُ وَرسُولُهُ ، رضِيتُ بِاللَّهِ ربًّا ، وبمُحَمَّدٍ رَسُولاً ، وبالإِسْلامِ دِينًا ، غُفِر لَهُ ذَنْبُهُ

Demikianlah artikel yang membahas tentang 7 Keutamaan Adzan Dalam Hadits Sohih semoga bisa memberikan pahala kepada penulis dan bermanfaat bagi pembaca pada umumya.

0 Response to "5 Keutamaan Adzan Dalam Hadits Shohih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel