Keutamaan, Tata Cara Dan Adab Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah

Selamat datang di web terbaru ini, semoga artikel demi artikel yang   kami post bisa membuat sahabat semua merasa puas dan bisa memberi kemanfaatan. pada artikel kali ini kami ingin membahas tuntas terkait salam, adab dan keutamaan mengucapkan salam, Yuks baca selengkapnya.

Keutamaan, Cara Dan Adab Mengucapkan Salam


Definisi salam secara lafdzi adalah keselamatan, maksudnya ialah menebar keselamatan kepada sesama manusia, dengan cara mengucapkan salam, sebagai bentuk damai dan menghormati, kemudian keselamtan berbentuk tindakan seperti membuat nyaman dan aman kepada orang lain.

Landasan bentuk ayat al-qur'an Surat An-nur ayat 67, "Orang yang beriman janganlah masuk ke dalam rumah orang lain, sebelum kalian meminta izin dan mengucap salam kepada penghuninya".

Ayat al-qur'an yang lain dalam Surat An-nur ayat 61, "Ketika kalian  memasuki  rumah,  hendaklah memberi salam kepada  diri kalian  sendiri, karena bentuk penghormatan terhadap Allah Swt yang telah memberi keberkahan yang terbaik.

Tujuan Salam sendiri adalah untuk menebar perdamaian antar sesama, baik dalam bentuk ucapan atau tindakan, lalu bagaimana semisal ada orang mengucap salam, kemudian dia merampas harta benda.

Ini bukan salam yang di maksud oleh syara', hanya pelafatannya saja, tidak dalam tindakan, sedangkan yang harapkan oleh syara', salam dengan lisan dan tindakan, dengan adanya lafad salam bisa membentuk kepribadian yang baik kepada orang lain.


Baca Juga: 

6 Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

Adab Ziarah Kubur Bagi Wanita Haid

Banyak hadist di beberapa kitab yang membahas masalah salam, di artikel ini kami tidak menulis semua hadist ntentang salam,  hanya beberapa hadits saja yang sangat perlu dan jarang di ketahui.

Di Riawatkan oleh Abdullah Bin Umar Bin Ash, "Seorang laki-laki bertanya kepada nabi Muhammad Saw, Dalam islam mana amalan yang lebih baik, Raslullah Saw menjawab, memberi makan kepada orang lain yang membutuhkan, mengucap salam kepada orang yang di kenal atau tidak di kenal".

Perlu di garis bawahi, bahwa penjelasan di hadits tidak hanya amal yang baik mengucap salam atau memberi makan saja, masih banyak amalan  lain yang tidak di sebutkan, kenapa nabi Muhammad Saw hanya menyebutkan dua hal ini. mungkin saja yang bertanya kepada nabi  amal yang lain sudah di kerjakan, tetapi tidak  memberi makan atau tidak mengucap salam, Nabi memberi penjelsan seperti agar orang laki-laki yang bertanya bisa melakukan ini..

Semoga sahabat bisa memahami apa yang saya maksudkan, Hadist lain yang di riwayatkan oleh Abi Umarah al-barrai, Rasulullah Saw memerintahkan kepada kami 7 hal.

"Pertama Menjenguk orang sakit, mengantar jenazah kepemakanan. mndoakan orang bersin , memberi pertolongan terhadap orang lemah, membela orang yang teraniaya, menyebarkan salam, memenuhi sumpahnya".

Adab Mengucapkan Salam sesuai hadits yang telah di ajarkan oleh Rasulullah Saw kepada umatnya, Di riwayatkan oleh Abu hurairah, "Orang yang berkendara memulai salam kepada orang yang berjalan kaki, memulai salam bgi orang yang berjalan kaki kepada orang yang duduk, peroranagn memulai salam terlebih dahulu kepada kaum".

Di Riwayatkan oleh Abi Umamah, "Bahwa manusia paling utama di hadapan Allah Swt yaitu orang yang pertama kali memulai salam kepada sesama".

Hadits Mengucapkan Salam Yang Benar di dalam kitab Riyadus sholihin, Di sunnahkan bagi orang yang memulai salam dengan ucapan, "Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh", dengan menggunakan Shigot jama' meskipun yang di salami sendirian, sedangkan bagi yang menjawab mengucapkan salam, " Wa'alaikum salam Warahmatullahi Wabarakatuh", dengan menggunakan Wau Atof, yakni Wa'alaikum.

Di dari Imron Bin Husyain, Ada orang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw, kemudian mengucap  salam, Assalamualaikum, Lalu Nabi Menjawab lalu irang laki-laki tersebut duduk, kemudian Nabi menilai 10.

Datang lagi seorang laki-laki  kepada Nabi lalu mengucapkan salam, "Assalmaualaikum Warahmatullah", lalu Nabi Muhammad Saw menjawab dan orang laki-laki tersebut duduk, Nabi memberi nilai 20.

Datang lagi laki-laki lain kepada Nabi, lalu mengucapkan salam, "Assalamualaikum Waarhmatullahi Wabarakatuh", Nabi Menjawab kemudian duduk dan Nabi memberi nilai 30.

Hadits Tentang Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah, dalam hal pengucapan salam tidak ada perbedaan antara masuk dalam rumah atau tidak,  untuk itu kami tetap memberikan hadits tentang tata cara masuk rumah.

Seperti ayat Al-Qur'an di atas bahwa meminta izin terlebih dahulu kemudian mengucapkan salam, tetapi praktek keseharian kita, mengucapkan salam lalu meminta izin, ini namanya gaya bahasa dalam al-qur'an yang di sebut Qolab.

Batasan meminta izin masuk rumah orang lain itu 3 Kali, seperti dalam hadits dari Abu Musa, "Meminta izin itu 3 kali, Jika di izinkan maka masuklah, kalau tidak, pulanglah". Kenapa ketika masuk rumah orang lain harus meminta izin ?

Di dalam setiap rumah tangga ada rahasia yang tidak boleh di ketahui oleh orang lain, atau takut terbukanya aurat, atau memang sementara sedang tidak mau di ganggu, maka, oleh karena itu harus meminta izin.

Dari Sahabat Rib'iyih Bin Jiras, "Dia berceritakan kepadaku, bahwa ada seorang laki-laki menemui Rasulullah Saw, sebelum itu meminta izin kepada palayan Nabi, sedangkan nabi berada di dalam rumah, orang laki-laki tersebut meminta izin kepada pelayan untuk menemui Rasulullah Saw,

Di haturkan kepada Rasulullah Saw bahwa ada tamu ingin menemui beliau, Rasulullah Saw bersabda, "Keluarlah kamu lalu ajarkan kepada orang laki-laki tersebut tata cara meminta izin dan mengucap salam. cara seperti ini Rasulullah mempraktekkan, " Assalmualaikum, apakah boleh masuk".

Tanpa di sadari sabda  Nabi kepada pelayannya di dengar oleh orang laki-laki tersebut, kemduan dia langsung mengucapkan salam dan berkata, apakah saya boleh masuk, kemudian Rasulullah Saw memberi izin dan masuklah orang laki-laki itu".

Kisah Ucapan Salam di dasari oleh hadits yang di riwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah yang tertulis dalam kitab "Al-Adab Al-Mufrad" Allah menciptakan Nabi Adam  dalam bentuknya dan tingginya enam puluh hasta. 

Lalu Allah berfirman kepada Nabi Adam , ‘Pergilah dan ucapkanlah salam kepada para malaikat yang sedang duduk, dengarkanlah apa salam yang mereka ucapkan kepadamu, karena itu adalah ucapan salammu dan salam keturunanmu’. Inilah pertama kali ucapan salam yang di ucapkan oleh Nabi Adam As saat berada di dalam surga.

Demikialah artikel yang membahas Keutamaan, Tata Cara Dan Adab Mengucapkan Salam Ketika Masuk Ke Rumah, semoga bisa memberikan kemafaatan, baik kepada penulis dan pembacaa..










Belum ada Komentar untuk "Keutamaan, Tata Cara Dan Adab Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel