Hadits Dan Tafsir Keutamaan Adzan Dan Iqomah

Keutamaan Adzan Dan Iqomah. Adzan termasuk salah satu nama panggilan  yang di gunakan untuk memberitahukan atau mengabarkan kepada umat islam, bahwa waktu sholat telah masuk.

Orang yang melafadkan kalimat-kalimat adzan yang telah di tentukan kalimat tersebut oleh syariat, namanya Muadzin.

Hadits Dan Tafsir Keutamaan Adzan Dan Iqomah

Kata Muadzin di ambil dari kata isim fa'il (Pelaku) yang berarti orang yang memberitahukan waktu sholat telah tiba kepada umat islam dengan kalimat tertentu.

Muadzin mengumandangkan adzan dengan niatan mengaharp pahala dan ridlo dari Allah swt dan mengharap mendapatkan banyak keutamaan, Mengharap Keutamaan Adzan Dan Iqomah itu tidak mudah, kecuali melakukan 10 hal ini.

Jika Muadzin melakukan 10 hal ini, maka ia akan mendapatkan banyak keutamaan, di antaranya:

Pertama Seorang muadzin harus tahu betul masuknya waktu sholat, Kedua Ketika muadzin bepergian, lalu adzan yang biasa ia lakukan di masjid gantikan oleh orang lain, ia tidak marah,

Ketiga memperindah adzan dalam segi pakaiaan dan bacaan, Keempat mengaharap pahala dari Allah Swt, Kelima Tidak memaksakan ketika adzan, semisal sampai tenggorokannya kering atau sakit.

Ke enam tidak mengungkit-ngungkit amal yang pernah di kerjakan, dalam konteks ini amalam adzan, Ke tujuh mengajak ke jalan kebaikan dan mencegah terhadap kemungkaran, Ke delapan bergaul dengan sesama, tanpa melihat status,

Ke sembilan tidak marah ketika tempat yang biasa ia singgahi di tempati oleh orang lain, Ke sepuluh menjaga kesucian masjid, baik dari kotoran atau kebisingan orang.

Baca Juga:

Tanda Kiamat Kubro Dan Sugra Yang Sudah Terjadi
7 Keutamaan Adzan Dalam Hadits
Adab Ziarah Kubur Bagi Wanita Haid


10 kategori di atas ini termasuk salah satu kebutuhan bagi muadzin untuk  mendapatkan beberapa keutamaan yang di janjikan.

Sebelum kita membahas masalah Keutamaan Adzan Dan Iqomah, perlu kiranya admin memberikan sedikit tentang tafsir lafad-lafah adzan, agar kita tahu semua hakikat dan tujuan lafad-lafad adzan tersebut.

Selain itu Agar semakin yakin dan mantap untuk menjadi Muadzin, berikut tafsir adzan yang di ambil dari kitab Tanbihul Ghofilin, Bab keutamaan adzan dan iqomah.


Tafsir Lafad Adzan Dan Makna Adzan

Tafsir secara dohirul lafdzi dari Lafad di samping ini yakni Allah swt maha besar, Allah maha mulya, Makna Allah maha besar yakni Allah memerintahan melakukan sebuah amal, dan amal itu wajib di lakukan, maka sibuklah dengan amal itu dan tinggalkan urusan dunia.  اَللهُ اَكْبَر  اَللهُ اَكْبَرُ  

Tafsir dari lafad di samping ini adalah aku bersaksi sesungguhnya Allah itu Esa dan tidak ada sekutu baginya, Makna dari lafad di samping ini adalah Allah memerintahkan kepada kalian satu perkat, maka ikutilah perkara Allah swt, sesungguhnya perkara itu tidak ada yang memberikan manfaat kecuali manfaat itu datangnya dari Allah Swt. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ

Tafsir dari lafad ini adalah sesungguhnya nabi Muhammad itu utusan Allah, maksudnya Allah swt mengutus Nabi Muhammad Saw terhadap kalian, tujuannya supaya kalian beriman dan membenarkan nabi.

Allah Swt memerintahkan kepada kita  untuk membangun sebuah kekompakan, maka dari itu lakukan perintah tersebut.      اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Tafsir dari lafad ini adalah bersegeralah untuk melakukan sholat, maknanya sudah datang waktu sholat, maka dirikanlah sholat, dan jangan sampai di ahirkan dari waktu yang sudah di tentukan, bersholatlah kalian dengan berjamaah.      حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ

Tafsirnya adalah bersegerlah menuju keselamatan dan keberuntungan, maknanya Allah Swt menjadikan sholat sebagai sebab akibat  kalian selamat dan mendapatkan keberuntungan, untuk itu lakukan sholat, kemudian kalian akan selamat dari api neraka. حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ

Tafsirnyanya adalah Ketahuilah bahwasannya Allah Swt itu esa dan tidak ada sekutu baginya, maknannya iklaslah kalian ke  tika melakukan sholat, karena kalian solat hanya untuk mengharap ridlo dari Allah Swt.   لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Hadits Tentang Adzan sangatlah banyak sekali yang tertulis di beberapa kitab, sangat di anjurkan bagi orang yang mendengar adzan untuk menjawab adzan yang di kumandangkan.

Kenapa muadzin ketika mengucapkan adzan” Hayya’ Alasshola dan Hayya “alal Falah” yang mendengarkan adzan tidak di anjurkan mengikuti bacaan yang sama, yang di lafadkan oleh Muadzin, seperti hanya lafad Allahu akbar sampai Sshadualla ilahailallah.

Ketika Muadzin melafadkan Hayya’ Alasshola dan Hayya “alal Falah, di ajurkan bagi orang yang mendengar adzan  membaca la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim, kenapa tidak melafadkan lafad yang sama, inilah alasannya?

Alasan menggunakan lafad la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim saat muadzin mengucapkan Hayya’ Alasshola dan Hayya “alal Falah,  karena untuk mendirikan sholat godaannya sangatalh besar, baik dari berontaknya nafsu serta dari  gangguan syaitan.

Sedangkan manusia tidak mampu melawan sendiri, oleh karena itu kita sepantasnya meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt dengan cara membaca la haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim, yang artinya, ( tidak ada kekuatan untuk menjauhi laranganmu, dan juga tidak ada  kemampuan untuk melaksanakan perintahmu kecuali mendapatkan pertolongan dari mu).

Demikianlah artikel yang membhas tentang Keutamaan Adzan Dan Iqomah semoga bisa memberikan kemanfaatan bagi seluruh umat islam








0 Response to "Hadits Dan Tafsir Keutamaan Adzan Dan Iqomah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel