5 Doa Minta Jodoh Yang Terbaik Sesuai Sunnah

Doa Minta Jodoh. Doa merupakan salah satu bentuk ketidak mampuan seorang hamba untuk melakukan sebuah perkara, tanpa adanya kuasa dan bantuan dari Allah Swt.

Amalkan 5 Doa Minta Jodoh Ini, Pasti Jodohnya Terbaik

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk  berdoa meminta jodoh  agar diberikan jodoh oleh Allah. Ada beberapa doa meminta jodoh yang ada dalam al-Qur’an al-Karim, diantaranya adalah surah al-Furqan ayat 74  :

Artinya : Waha Tuhan kami,anugerahkanlah pada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

Juga dalam surah al-Qashas ayat 24 :

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Doa Minta Jodoh Sebelum Tidur merupakan salah satu cara agar kita selalu istiqomah  dalam memanjatkan doa kepada Allah. Karena tidur merupakan salh satu kegiatan yang rutin kita lakukan setiap hari, ,jadi otomatis kita akan setiap hari juga memanjatkan doa tersebut sebelum tidur.

Baca Juga: Doa Saat Hujan. Lengkap Arab Dan Artinya

Selain membaca doa ketika ingin tidur, seseorang harus selalu istiqhomah melakukan sholat hajat, agar ada kesesuaian antara doa dan perbuatan (sholat), di samping melakukan doa dan sholat hajat, seseorang juga sangat di anjurkan untuk selalu berusaha mencari pasangan hidup, karena jodoh tidak semerta merta datang setelah berdoa.

Doa Minta Jodoh Yang Diinginkan ada beberapa kriteria yang di harus di cari oleh seorang insan, untuk mendapatkan jodoh yang baik dan bertanggung jawab, berikut kriteria dalam islam:


Baik Agamanya,Taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Kriteria yang paling diprioritaskan adalah agama, karena jika agamanya baik,otomatis jodoh yang kita inginkan tersebut akan melaksankan perintah Allah, perintah rasul, perintah suami dan bertanggung jawa, menjauhi larangan-Nya,Dengan begitu kehidupan rumah tangga akan berjalan sesuai harapan.


Ketampanan atau Kecantikannya

Kriteria selanjutnya adalah mengenai tampilan fisik, sebagai jodoh idaman kita. Rasulullah juga menganjurakan kriteria ini,karena tampilan fisik merupakan salah satu penunjang kehidupan berkeluarga. Hal ini sejalan dengan tujuan pernikahan itu sendiri,yakni memperoleh ketenteraman hidup.


Silsilah keturunan atau Nasbnya

Hal ini juga harus dipertimbangkan. Pasalnya keluarga berperan penting dalam menentukan keimanan, ilmu ,dan akhlak,  jodoh idaman kita. Jika orangtuanya baik, maka kemungkinan kecil jodoh idaman kita tersebut adalah orang yang buruk, sebaliknya,kemungkinan besar jodoh keinginan kita adalah orang yang baik pula.


Kondisi Finansialnya atau Hartanya

Kriteria ini juga anjuran dari Rasulullah SAW.Hal ini menjadi logis karena banyak pernikahan tidak langgeng gara-gara perbedaan status sosial dari segi finansial.

Dari keempat kriteria diatas, yang harus diutamakan adalah urusan  agama. karena dengan agama seseorang bisa berusaha menerima manis dan pahitnya menjalani rumah tangga,

Lalu bagaimana jika kita terlanjur menikah dengan orang yang tidak ada dalam kategori di atas ini, apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: 7 Keutamaan Adzan Dalam Hadits

Sabar, termasuk hal pokok paling penting dalam hidup, berusaha memperbaiki diri dan istri, dengan niatan memperbaiki keturunan dari kita sendiri dengan dari jalur nasab atau harta yang sudah ada, faham kan maksud admin seperti apa hehe... sya perjelas semisal kita bukan keturunan orang baik, dalam segi nasab, agama atau harta, maka mulailah memperbaiki keturunan kita sendiri dengan wanita yang kita nikahi.


Doa Minta Jodoh Sesuai Sunnah atau sesuai dengan kriteria yang dianjurkan,  Rasulullah menganjurkan pada kita karena hal tersebut merupakan faktir pendukung terbentuknya keluarga yang langgeng dan harmonis.

Semua kriteria dari Rasulullah itu sebisa mungkin kita cari , kalau  kita menginginkan keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, tetapi itu tidak cukup bisa membuat keluarga bahagia, kalau kita juga tidak bisa memperbaiki diri, seperti dalam uangkapa.

"Jangan mengharap istri seperti Sayyidah Fatimah, kalau kamu juga belum bisa menjadi Karakter Saayidina Ali".

Jadi, hemat kami Antara suami istri harus saling melengkapi, memahami satu sama lain, agar rumah tangga yang di harapkan bisa terwujud dengan baik.

Rosulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk mencari jodoh, di samping berusaha mencari Kita dianjurkan untuk berdoa meminta Jodoh yang sholeh atau sholehah, agar jodoh kita bisa membawa  rumah tangga menjadi seperti yang kita harapkan.

Baca Juga: Status Hukum Anak Di Luar Nikah

Tidak bisa di pungkiri, urusan rumah tangga terkadang tidak semua sesuai dengan harapan setiap individu, oleh karena itu kita di anjurkan untuk berdoa, berikut Doa Minta Jodoh

Doa Minta Jodoh Terbaik Sesuai Sunnah:


وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

"Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik".

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”


رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

"Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat".


رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

"Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat".

Demikianlah artikel  5 Doa Minta Jodoh Yang Terbaik Sesuai Sunnah yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatan dan bisa mendapatkan jodoh yang sesusia dengan harapan.



2 Responses to " 5 Doa Minta Jodoh Yang Terbaik Sesuai Sunnah"

  1. Oke, thanx gan. Smoga saya dapat jodoh terbaik di sisi Allah SWT. Amin

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel